MIX.co.id - Pandemi tak membuat semua brand tiarap. Perusahaan ritel Food & Beverages (F&B) Kenangan Brands misalnya, justru melakukan ekspansi dengan meluncurkan berbagai brand baru. Setelah 2017 sukses dengan Kopi Kenangan, di masa pandemi, Kenangan Brands justru meluncurkan Cerita Roti pada 2020 dan Chigo pada awal 2021. Paling anyar, hari ini (26/11), Kenangan Brands kembali menambah portofolio mereknya, dengan melakukan grand launching brand barunya, Kenangan Heritage. Gerai baru ini sebenarnya sudah dibuka pada 23 Oktober 2021 lalu di Mal Senayan City, Jakarta.
Dijelaskan Edward Tirtanata, CEO & Co-Founder Kenangan Brands, "Kenangan Heritage adalah sebuah premium store yang berlokasi di Senayan City, Jakarta Pusat. Kenangan Heritage menghadirkan pengalaman baru yang berkelas dalam menikmati kopi dilengkapi dengan tiga section."
Section pertama adalah The Purist, yang menawarkan live experience-bar yang menyajikan lebih dari sepuluh jenis biji kopi Indonesia grade 1 dengan manual brew method.
Section kedua adalah The Mixologist, di mana Kenangan Heritage menawarkan sensasi baru lewat berbagai racikan minuman unik. "Untuk itu, kami bekerja sama dengan Mikael Jasin yang terinspirasi dengan berbagai unsur kebudayaan lokal," tuturnya.
Section ketiga adalah Mini Roastery, yang menghadirkan mesin kopi Ikawa, di mana pengunjung dapat memilih biji kopi secara personal atau kustom melalui proses roasting sesuai preferensi masing-masing.
“Kenangan Heritage menjadi salah satu strategi bisnis sekaligus menunjukkan komitmen Kenangan Brands di industri F&B, yang memadukan keberagaman biji kopi dan kekayaan budaya di Indonesia. Lewat Kenangan Heritage, kami ingin lebih dalam memperkenalkan kekayaan budaya di Indonesia. Termasuk juga ingin memberikan pengalaman terbaik dalam menikmati olahan biji kopi dan bahan-bahan berkualitas lainnya bagi konsumen,” papar Edward.
Lebih jauh ia menjelaskan, berkolaborasi dengan Head of Coffee Kopi Kenangan Mikael Jasin, Kenangan Heritage menawarkan konsep yang khas, yakni perpaduan budaya lokal Indonesia melalui aneka menu premium dan minuman kopi yang diolah dari biji kopi pilihan dari seluruh Nusantara. Mikael Jasin turut terjun langsung dalam menghadirkan beragam menu premium yang dibuat dari biji kopi dan bahan lain yang sudah terkurasi dan terjamin kualitasnya.
Tidak melulu menghadirkan berbagai pilihan meminum kopi yang unik dan khas, Kenangan Heritage juga menawarkan pengalaman baru menikmati 26 varian rasa dengan tiga jenis teh, yakni black tea white tea, green tea, dan tisane di The Craft Tea. Kenangan Heritage juga menghadirkan The Patisserie, yang menyajikan kudapan premium berupa pilihan pastry yang lezat dan hanya tersedia di Kenangan Heritage.
Diakui Edward, segmen market yang dibidik Kenangan Heritage adalah semua kalangan yang ingin mencoba kopi indonesia dari Sabang sampai Merauke. Sebab, Kenangan Heritage menghadirkan aneka biji kopi oilihan dari berbagai daerah di Indonesia.
"Konsep kami adalah Customer is First. Untuk itu, kami akan memberikan yang terbaik ke kustomer. Contoh, pada saat aemeal pandemi, kami tidak mengurangi kualitas dan tidak ada pemangkasan karyawan, sehingga membuat karyawan aman dan mereka juga dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan," lanjutnya.
Strategi lainnya, Kenangan Brands juga memiliki aplikasi dengan 1,8 juta pengguna. Menurut Edward, aplikasi ini akan terus dikembangkan dan di-improve ke depannya.
“Berbagai inovasi kami lakukan sehingga masyarakat bisa menikmati minuman dan makanan berkualitas dari Kenangan Brands. Kami berharap Kenangan Brands dapat terus membawa kesan kuliner tidak terlupakan lewat pengalaman baru dalam setiap pilihan menu yang kami tawarkan lewat Kopi Kenangan, Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis,” Edward menutup.