MIX.co.id - Merujuk World of Statistic, pada tahun 2023 konsumsi teh per kapita masyarakat Indonesia sebesar 0,46 kg. Sedangkan konsumsi teh per kapita tertinggi di dunia dipegang oleh Turki, sebesar 3,16 kg.
Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, konsumsi teh per kapita masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Meskipun teh bukan tanaman asli Indonesia, namun tradisi minum teh sudah ada sejak lama pada sebagian masyarakat Indonesia.
“Minuman teh sangat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia, dan ada banyak cara dalam menyajikannya. Seiring dengan tren gaya hidup masyarakat, khususnya di kota besar, kemunculan berbagai kreasi minuman teh sangatlah pesat. Kami melihat ini sebagai sebuah peluang, sehingga timbullah ide untuk mengkolaborasikan Tango Waffle dengan Feel Matcha," ungkap Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group pada acara peluncuran produk kolaborasi Tango Waffle dan Feel Matcha di Jakarta.
Lebih jauh ia menjelaskan, Tango memilih Feel Matcha sebagai mitra, karena sudah dikenal dengan penggunaan Matcha sebagai bahan baku utama produk-produknya. Matcha merupakan bagian dari tren gaya hidup sehat saat ini. Jadi, produk kolaborasi ini selain bercita rasa enak, juga cocok buat mereka yang peduli dengan kesehatan.
Gerai Feel Matcha pertama kali diresmikan di Jakarta pada tahun 2021. Tidak butuh waktu lama, Feel Matcha menjadi populer di kalangan milenial di Jakarta. “Feel Matcha menggunakan Matcha sebagai bahan baku utama, karena dapat menjadi pengganti kafein yang menciptakan sensasi calming dan rileks. Tango Waffle sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, dan sudah sering melakukan kolaborasi kreatif dengan banyak pihak. Kami menyambut baik dan antusias ajakan kolaborasi ini," terang Achmad Nurul Fajri, Co-founder Feel Matcha.
Lebih jauh ia menjelaskan, sebuah tantangan menarik bagi tim Feel Matcha untuk membuat racikan minuman kekinian dengan 3 varian rasa Tango Waffle, yaitu Choco Hazelnut, Cookiez & Cream, dan Mocha Latte. "Ini adalah sebuah produk yang memiliki manfaat terbaik dari Matcha, namun tetap menghadirkan keunikan cita rasa dari setiap varian Tango Waffle tersebut,” terang Achmad Nurul Fajri.
Saat ini, produk kolaborasi ini dapat diperoleh di gerai-gerai Feel Matcha yang tersebar di Jakarta. “Kami akan menjalankan kolaborasi ini selama tiga bulan. Selain kolaborasi dalam bentuk produk, kemasan produk menjadi medium desain grafis karya ilustrator muda berbakat asli Indonesia, Jacqueline Emanuella. Ini adalah bentuk apresiasi kami terhadap talenta-talenta anak bangsa. Jadi, selain menikmati kelezatan minumannya, masyarakat juga bisa menikmati ilustrasi-ilustrasi unik dan menarik pada kemasannya," pungkas Harianus.