MIX.co.id - Olahraga lari tengah menjadi tren di masyarakat Indonesia, termasuk generasi muda seperti Gen Z dan milenial. Hasil survei Jakpat speed-to-insight menunjukkan, 32% Gen Z dan 37% milenial di Indonesia menggemari lari. Bahkan, Asosiasi Lari Indonesia mencatat jumlah peserta event lari mengalami peningkatan 30%. Sementara itu, menurut Strava Global Report, partisipasi di running club Indonesia jumlahnya meningkat 83%.
Tak heran, jika merek minuman isotonik produksi Wings Food, Isoplus, kembali melanjutkan ajang lari tahunnya, Isoplus Run 2025. Program lari tersebut akan kembali digelar di dua tempat. Pertama, Community Park Pantai Indah Kapuk, Jakarta, pada 5 Oktober 2025, untuk kategori 5K, 10K, dan Kids Dash. Kedua, di Surabaya pada 19 Oktober 2025, untuk kategori Half Marathon (21K) dan Full Marathon (42K).
Masih mengusung semangat “Unlock Your Greatness”, Isoplus Run tahun ini hadir lebih besar dirancang dengan program latihan terstruktur, dikurasi bersama para ahli untuk membuat pelari memulai gaya hidup sehat hingga #FinishExcellent.
“Ini sudah tahun ketiga dari Isoplus Run. Isoplus berkomitmen untuk terus mendukung masyarakat Indonesia untuk memulai dan meneruskan pola hidup sehat sesuai dengan keinginan dan dapat disesuaikan dengan target masing-masing orang. Isoplus Run adalah perayaan bagi siapa pun yang telah berhasil memulai perjalanan dan merawat pola hidup sehatnya, mereka berhasil menjalankan semangat ‘Unlock Your Greatness’. Sebagai #ExcellentHydration Partner, Isoplus tak hanya menghadirkan produk isotonik yang cepat menghidrasi tubuh, tetapi juga aktif membangun ekosistem gaya hidup sehat di Indonesia,” ungkap Joshua Gunawan, Head of Ready to Drink Beverages Wings Group Indonesia, pada konferensi pers yang digelar hari ini (15/4), di Jakarta.
Lebih jauh ia menegaskan bahwa Isoplus Run bukan hanya ajang lomba lari, tetapi menawarkan pengalaman lengkap untuk hidup sehat. Isoplus sebagai brand isotonik telah menjelma menjadi mitra hidrasi terpercaya dalam mendukung gaya hidup aktif masyarakat Indonesia. Komitmen ini dibuktikan dengan inisiatif edukatif program “TANYA AHLI dan 21 Days Challenge”.
TANYA AHLI adalah program dimana Isoplus bekerja sama dengan para tenaga kesehatan juga pelatih olahraga profesional untuk mengedukasi masyarakat seputar kesehatan dan kebiasaan hidup lebih aktif. Sementara itu, 21 Days Challenge Program adalah program pendampingan selama 21 hari yang diaktivasi sebelum gelaran Isoplus Run Series. Peserta yang terpilih mendapatkan pendampingan program pelatihan dan meal plan dari para ahli secara cuma-cuma. Dua inisiatif utama ini menjadi keunggulan Isoplus Run yang tidak bisa ditemukan pada gelaran lari lainnya.
Peserta akan mendapatkan akses langsung ke para ahli, yakni Andy Sugiyanto, Professional Running Coach akan membimbing peserta dalam dua metode pelatihan, yaitu improve speed untuk mengejar personal best, dan upgrade distance untuk meningkatkan endurance. Sedangkan peserta juga akan mendapatkan pendampingan langsung dari Sports Nutritionist dr. Angela Dalimarta, Sp.GK yang akan menyusun custom meal plan bergizi selama 21 hari untuk menunjang performa lari dan pemulihan optimal dari peserta.
“Bagi yang belum pernah memulai, ini adalah kesempatan emas untuk start new habit. Dan bagi yang sudah memulai pola hidup aktif dan sehat, Isoplus Run adalah moment untuk upgrade distance dan unlock your greatness. Ini yang menjadi alasan kami menghadirkan kategori Full Marathon atau 42 K, sebagai bentuk nyata bahwa Isoplus Run Series terus berkembang dan menjadi event yang lebih baik setiap tahunnya. Sejalan dengan komitmen Life Keeps Getting Better, kami di Wings Group percaya dengan terus melengkapi kebutuhan konsumen, kami dapat berkontribusi menciptakan masa depan yang lebih baik,” papar Joshua.
Isoplus Run Series menargetkan 16.000 pelari di kedua kota, dan menyambut para pelari dari berbagai latar belakang, termasuk pelari pemula yang terus meningkat jumlahnya. Dengan cut-off time yang lebih panjang, setiap peserta bisa menikmati race sesuai dengan kemampuan dan ritme masing-masing.
Dardityo Santoso, Race Director Isoplus Run 2025, menyatakan bahwa event ini dirancang untuk bisa dinikmati semua kalangan—termasuk pemula. Cut off time yang lebih panjang, water station lebih banyak, dan tips pelatihan untuk pemula akan membantu siapa pun merasakan pengalaman lari yang menyenangkan. Standard safety & kesehatan di Isoplus Run Series pun sesuai dengan standard yang berlaku di dunia lari. “Kami akan menempatkan sejumlah dokter dan perawat di sejumlah water station dan tenda medik, jadi pelari bisa mengakses bantuan dan pelayanan medis sesuai dengan posisi terdekatnya. Kami juga menyediakan alat pacu jantung sesuai dengan standard operasional prosedur yang berlaku demi safety dan kenyamanan para peserta Isoplus Run,” ucapnya.
Tahun ini, Isoplus juga berkolaborasi degan Ilustrator Asep Wahyu untuk merancang jersey Isoplus Run 2025. Asep Wahyu menampilkan ikon-ikon khas dari masing-masing kota, seperti Abang Tanjidor, Pantai PIK sebagai tempat acara, Monas dan Patung Jenderal Sudirman yang heritage Jakarta, dan gambar Abang Jakarta menggunakan hiasan ondel-ondel sambil meneguk ISOPLUS untuk menjaga hidrasi tubuh. Ditambah elemen gedung pencakar langit, juga orang-orang berlari dengan riang gembira, tua muda dan anak-anak semua bersemangat mengikuti lomba.
Tiket Isoplus Run dibanderol dengan harga Rp150 ribu untuk Kids Dash, Rp300 ribu untuk kategori 5K, Rp400 ribu untuk kategori 10K, Rp575 ribu untuk kategori Half Marathon, dan Rp850 ribu untuk kategori Full Marathon.