Tayangan India Digemari Pemirsa Upper Class, Seperti Apa Profilnya?

Program series masih menjadi kontributor utama terhadap total pendapatan belanja iklan nasional di televisi. Merujuk data Nielsen pada kuartal pertama (Q1) 2016 (Januari hingga Maret 2016), program series sanggup memasok Rp 6 triliun terhadap total belanja iklan nasional di televisi. Sementara itu, rata-rata rating programnya mencapai 1,8. Selanjutnya, diikuti oleh program entertainment dan movie, yang masing-masing menyumbang Rp 4,7 triliun dan Rp 3,7 triliun. Adapun rata-rata rating program untuk keduanya adalah 1,0.

tabel-antv-upper-class

Selain sinetron, series India merupakan salah satu tayangan yang turut mendorong program series berkibar di kepemirsaan maupun belanja iklan TV. Dan, ANTV merupakan stasiun TV yang mempelopori tayangan India berjaya di Tanah Air. Diawali dengan program Mahabharata, Uttaran, Anandhi, hingga sederet tayangan series India lainnya. Tahun 2016 misalnya, ANTV menayangkan series India mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB. Sebut saja, Uttaran, Thapki, Gopi, Mohabbatein, Lonceng Cinta, Anandhi, Ashoka, Veera, Kaali & Gauri, Ranveer & Ishani, Archana Mencari Cinta.

Yang menarik dicermati oleh para pemasar maupun pengelola merek terkait series India adalah profil kepemirsaan sekaligus karatekteristik mereka. Jika selama ini persepsi yang muncul di benak para pemasar maupun pengelola merek bahwa tayangan India ditonton oleh segmen menengah bawah, ternyata faktanya tidak demikian.

Terbukti, menurut Data Nielsen, sejak pertengahan September hingga November 2016, ANTV sanggup menempati posisi pertama di segmen upper class, dengan share 16,4% di November 2016. Sedangkan RCTI, yang selama ini selalu menempati posisi pertama di segmen upper class, terpaksa turun di posisi kedua dengan share 14,4%.

Lantas, seperti apa karakteristik kepemirsaan series India? Merujuk data Nielsen CMV Fusion TAM Q3 2016, series India masih dikuasai oleh segmen mom atau ibu. Segmen mom tersebut memiliki lima karakteristik, di mana kelima karakteristik itu memiliki nilai indeks yang cukup tinggi, yakni di atas 100.

tabel-permirsa-series-india-di-antv

Karakter pertama adalah segmen mom yang mengontrol sekaligus gemar berbelanja. Mereka adalah istri atau ibu rumah tangga yang memiliki anak usia 0-10 tahun, pengambil keputusan pembelian untuk produk sekaligus konsumsi rumah tangga, memiliki frekuensi belanja sekali dalam seminggu, serta rata-rata transaksi dengan kartu kreditnya sebulan mencapai Rp 300 ribu.

Karakter kedua, mom yang menonton series India adalah mereka yang menggunakan produk kosmetik dan body care, karena mereka concern dengan perawatan wajah dan tubuh mereka. Produk yang mereka pakai adalah face tonic, facial cleansing, lipstick, face powder, dan hand & body lotion.

Karakter ketiga, mom juga memiliki buying power yang kuat. Segmen mom penonton series India adalah mereka yang senantiasa berlibur ke luar negeri dengan tiket kelas ekonomi, memiliki tiga atau lebih mobil, serta berencana membeli perangkat gadjet tablet.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)