MIX.co.id - Perusahaan jasa pengiriman di Indonesia, TIKI, merilis layanan khusus hewan reptil, TIKI TIREX (TIKI Kirim Reptil Express). Dengan demikian, TIKI menjadi jasa kurir ekspres pertama yang memiliki prosedur penanganan resmi untuk pengiriman reptil, mencakup kadal, iguana, kura-kura, dan ular.
Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI, mengatakan, “Hewan reptil termasuk jenis kiriman khusus karena masuk dalam kategori hewan hidup. TIKI TIREX dirancang untuk memberikan keamanan dan kenyamanan maksimal bagi komunitas pecinta reptil, memungkinkan pengiriman tanpa perlu khawatir. Peluncuran TIKI TIREX diharapkan dapat memberikan pelanggan TIKI dan komunitas pecinta reptil akan pilihan layanan kiriman yang cepat, aman, dan terjangkau."
Lebih jauh ia menjelaskan, TIKI TIREX melayani pengiriman reptil ke seluruh Indonesia menggunakan moda transportasi darat. Terdapat tiga pilihan produk, yaitu Over Night Service (ONS) untuk pengiriman satu hari sampai, Same Day Service (SDS) tiba di hari yang sama, dan Regular (REG) dengan biaya lebih ekonomis dan estimasi waktu 2-3 hari kerja. Layanan TIREX dilengkapi dengan fasilitas asuransi yang memberikan proteksi atas risiko kehilangan, kerusakan, atau hal-hal tak terduga lainnya dengan nilai penggantian maksimal sebesar Rp 5 juta.
"Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah spesies reptil terbanyak. Dengan keragaman dan keunikan spesies reptil ini, komunitas pecinta reptil di Indonesia terus bertumbuh, begitu pula aktivitas perdagangannya. Namun, seringkali pengiriman reptil tidak ditangani dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang tepat karena terbatasnya layanan pengiriman ekspres khusus reptil, dan banyak pelanggan yang tidak secara transparan menyebutkan isi barang kirimannya. Hal inilah yang melatarbelakangi TIKI meluncurkan layanan TIREX. Harapannya, pelanggan kini dapat dengan tenang mengirimkan reptil mereka," pungkas Edwin Widiantoro, General Manajer Operasional, Gateway & IT.