OT Group memperkenalkan produk susu terbarunya, Milk-Ido, pada awal semester kedua tahun ini. Milk-Ido merupakan susu dalam kemasan botol yang memiliki kualitas susu sapi segar terbaik, namun dengan harga terjangkau oleh masyarakat. Susu Milk-Ido hadir dalam dua varian rasa, coklat dan stroberi, dengan harga Rp 3.000.
Susu dalam kemasan botol ini menggunakan bahan utama susu sapi segar Friesian Holstein, jenis sapi perah yang dikenal memproduksi susu terbanyak dengan kualitas terbaik. "Kami berupaya memformulasi produk susu dengan kandungan gizi yang baik, namun harganya tetap terjangkau oleh masyarakat luas,” papar Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group melalui keterangan tertulisnya.
Peluncuran produk susu Milk-Ido dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia, jika dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara.
Badan Pusat Statistik pada tahun 2020 mencatat, konsumsi susu nasional mecapai 16,27 kg/kapita/tahun. Angka ini lebih rendah dibanding negara-negara lain di Asia Tenggara, misalnya dengan Malaysia 36,20, Myanmar 26,7, dan Thailand 22,20.
Fakta lainnya menunjukkan bahwa bahan baku utama produk susu di Indonesia, yaitu susu sapi, masih mengandalkan produk impor. Hal ini tentunya mempengaruhi harga jual produk ke konsumen.
"Produksi susu sapi dalam negeri hanya bisa mencukupi sekitar 20 persen kebutuhan nasional, sehingga sebagian besar harus diimpor. Tentunya dengan komponen impor yang cukup besar dapat berpengaruh pada harga jual. Kami melihat ini adalah salah satu akar masalah masih rendahnya tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia terutama di kalangan anak-anak," ungkap Harianus.
Dalam rangkaian peluncuran Milk-Ido, OT Group menggelar program donasi 5.000 paket susu ke sejumlah pihak, yakni RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet, berbagai panti asuhan, dan komunitas belajar anak-anak pemulung.
"Terima kasih atas donasi Susu Milk-Ido untuk tim relawan dan Nakes yang bertugas di Wisma Atlet ini. Mudah-mudahan dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan semangat mereka,” ungkap Kolonel (Kes) A. Kholik Harahap, Koordinator Farmasi dan Terapi RSDC Wisma Atlet, pada saat menerima bantuan paket susu yang diserahkan langsung oleh Tim Susu Milk-Ido.
Mengusung slogan “AKU PASTI BISA”, lanjut Harianus, Milk-Ido mengajak keluarga Indonesia untuk bersama melawan Covid-19, dengan taat dan disiplin menjalankan protokol kesehatan serta tetap mengonsumsi makanan dan minuman bergizi.