Tingkatkan Brand Image, MICE Biz Andalkan Sertifikasi ISO

Industri MICE (Meeting Incentive Convention Exhibition) di Indonesia tampak makin menggeliat. Geliat industri MICE salah satunya dipicu oleh sektor pariwisata yang terus bertumbuh. Januari hingga September 2015 lalu misalnya, wisatawan asing mencapai 7,1 juta atau tumbuh 3,53% dibandingkan periode yang sama tahun 2014. Selanjutnya, pemerintah pun menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia meningkat dan mencapai 20 juta orang pada 2019.

IMG_20160322_5988

Fakta itulah yang membuat para pelaku bisnis MICE optimis. Dikatakan Jim Tehusijarana, Direktur Utama PT Tamam Wahana, "Industri MICE memang diharapkan ikut berperan serta dalam mendorong pertumbuhan sektor industri pariwisata Indonesia. Dalam menghadapi persaingan global, terutama dengan masuknya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tentunya industri MICE perlu ditingkatkan dalam hal penerapan kebijakan dan manajemen mutu berstandard internasional."

Oleh karena itu, demi menjawab persaingan di tingkat global, sejumlah upaya dilakukan MICE Biz. Salah satunya dengan berkomitmen pada peningkatan mutu lewat sertifikasi ISO. Hari ini (22/3), PT Tamam Wahana yang menaungi brand MICE Biz seperti Upperroom dan The Kasablanka secara resmi menerima Sertifikat ISO 9001:2008 yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi Internasional Worldwide Quality Assurance (WQA) asal Inggris.

“Sejalan dengan visi perusahaan menjadi salah satu provider MICE berskala internasional, kami sangat bersyukur atas raihan sertifikat ISO 9001:2008. Ini akan menjadi titik awal bagi kami untuk terus bekerja keras dan berinovasi mengikuti semua standard yang ditetapkan oleh ISO,” ujar General Manager PT Tamam Wahana Kristian Emanuel Yahya.

Kristian menceritakan bahwa proses perolehan sertifikasi tersebut membutuhkan waktu yang panjang. Tim PT Tamam Wahana misalnya, melakukan kerja sama dengan tim konsultan dan tim WQA untuk melakukan internal audit dan eksternal audit yang dimulai sejak pertengahan hingga akhir tahun 2015. “Kami bangga mendapat pengakuan dari dunia internasional terkait sistem manajemen mutu yang diterapkan oleh perusahaan," tuturnya.

Sejatinya, sertifikat ISO 9001:2008 merupakan ukuran standard international yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan manajemen mutu berdasarkan sejumlah persyaratan, seperti ruang lingkup, rujukan normatif, istilah dan definisi, sistem manajemen mutu, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, realisasi produk dan pengukuran, hingga analisis dan peningkatan.

Diyakini Jim, Manfaat dari sertifikat tersebut adalah juga untuk meningkatkan brand image dan daya saing perusahaan, baik skala nasional maupun internasional. "Selanjutnya, dengan adanya sertifikat ini sekaligus akan berdampak pada peningkatan kepercayaan dari para pelanggan kami," yakinnya.

“Ke depan, kami terus berupaya mendorong MICE Biz untuk siap bersaing menghadapi ketatnya kompetisi. Termasuk, untuk menjaring potensi yang masih banyak di market industri MICE. Kami membuat diferensiasi, antara lain menjadikan venue untuk meeting dan gathering, serta sebagai tempat yang tepat untuk menggelar konser musik hingga live performance recording berskala internasional,” Jim menutup.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)