Tingkatkan Literasi Asuransi, Allianz Gelar Media Workshop

MIX.co.id - Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penetrasi industri asuransi nasional terus meningkat selama pandemi. Hingga Juli 2021, tingkat penetrasi asuransi mencapai 3,11%. Angka ini meningkat dibandingkan akhir tahun 2020 yang mencapai 2,92%.

Hal itu juga diperkuat dengan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), yang mengungkapkan bahwa pada kuartal perta 2021, jumlah polis asuransi jiwa turut bertumbuh sebesar 1,8% atau sebanyak 17,78 juta year on year (yoy). Adapun polis perorangan, tumbuh 2,7 % yoy menjadi 17,24 juta.

Fakta itu menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi meningkat. Bertumbuhnya kesadaran akan perlindungan asuransi, sejatinya perlu diikuti dengan pemahaman yang baik akan produk asuransi yang dimiliki tiap masing-masing nasabah maupun calon nasabah demi menjamin pengalaman berasuransi yang optimal.

Oleh karena itu, Allianz Life Indonesia melakukan berbagai upaya demi mengedukasi masyarakat akan literasi seputar asuransi. Paling anyar, Allianz Life Indonesia menghadirkan Media Workshop: Life and Health Insurance 101 yang digelar hari ini (8/11) secara virtual.

Mengusung tema “Apa Saja yang Perlu Diketahui agar Melek Asuransi”, pada media workshop kali ini, Allianz memaparkan informasi terkait hal-hal mendasar yang perlu dipahami seputar asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, guna memberi pemahaman yang lebih dalam terkait apa yang harus diketahui oleh masyarakat sebelum dan sesudah memutuskan untuk membeli asuransi.

Dipaparkan Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, kegiatan ini merupakan wujud nyata Allianz dalam memperluas jangkauan edukasi mengenai produk dan layanan asuransi kepada masyarakat Indonesia secara lebih luas.

“Melalui berbagai kegiatan, kami berkomitmen untuk terus mengedukasi nasabah dan masyarakat akan pemahaman terkait asuransi maupun literasi keuangan secara lebih luas. Dengan melibatkan rekan media yang memiliki peranan penting dalam proses informasi dan sosialiasi, kami berharap upaya bersama ini dapat mewujudkan kesadaran berasuransi yang semakin meningkat di Indonesia,” harap Karin.

Sejumlah pemateri yang dihadirkan dalam workshop ini antara lain Aditya Sumirat, Agency Program Head Allianz Life Indonesia dan Sukarno, Head of Health Product Marketing and Service Development Allianz Life Indonesia. Mereka memaparkan secara detil dan mendalam seputar dasar-dasar asuransi jiwa dan kesehatan.

Terkait dengan asuransi jiwa, melalui workshop kali ini, Allianz juga membahas macam-macam pembagian asuransi jiwa, berbagai pihak yang tercantum dalam polis asuransi, urutan penting dalam proses pembelian asuransi, sampai hal penting yang perlu diperiksa saat membaca polis asuransi. Dasar-dasar edukasi terkait asuransi kesehatan yang turut disampaikan termasuk jenis dan fungsi dari asuransi kesehatan, waktu terbaik untuk memiliki asuransi kesehatan, serta perlindungan atas risiko Covid-19 dalam asuransi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)