Tingkatkan Sektor Pariwisata Melalui Trisakti Tourism Award

Diprakarsai Yayasan Kusuma Pertiwi, Trisakti Tourism Award resmi dirilis pada tahun ini. Trisakti Tourism Award merupakan penghargaan yang akan diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang berprestasi dalam membangun, mengelola, dan mengembangkan sektor pariwisata melalui semangat Trisaktinya Bung Karno.

Dijelaskan Wiryanti Sukamdani, Ketua Yayasan Kusuma Pertiwi, objektif dari program Trisakti Tourism Award adalah untuk mendorong pemerintah daerah memajukan sektor pariwisata di daerahnya, dengan memberikan penghargaan bagi pemerintah kabupaten dan kota yang berkomitmen dalam pembangunan kepariwisataan. "Sasarannya adalah menjadikan sektor pariwisata sebagai unggulan daerah serta meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor pariwisata," ujarnya.

Lebih lanjut ia menerangjan bahwa peserta Trisakti Tourism Award terbuka bagi seluruh pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang memilki prestasi pada sektor pariwisata sejak 2016 hingga 2019, dan mendokumentasikan proses pembangunan pariwisata sesuai tematik yang akan dipilih. "Pilihan tematik pariwisata dalam Trisakti Tourism Award 2019 adalah wisata bahari, ekowisata, wisata petualang, wisata warisan budaya dan sejarah, serta wisata kuliner dan belanja," ucapnya. Rencananya, dalam rangkaian program Trisakti Tourism Award, akan digelar juga Destinasi Indonesia Expo & Conference, sebuah pameran dan konferensi tentang potensi pariwisata daerah. "Acara ini rencananya akan dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 27 hingga 29 Juni 2019 mendatang," lanjutnya.

Destinasi Indonesia Expo sejatinya berperan sebagai media untuk memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia kepada masyarakat umum. Melalui kegiatan itu juga akan dipromosikan potensi pariwisata daerah, mulai dari atraksi, amenitas, dan aksesibilitas seperti daya tarik wisata, penerbangan, hotel, cinderamata, dan kuliner.

"Pameran ini juga akan memperkenalkan program-program terkait pariwisata yang disiapkan pemerintah daerah dan diharapkan dapat bergandengan dengan biro perjalanan lokal, sehingga bisa langsung menawarkan paket-paket wisata daerah. Target kami, 200 peserta akan hadir di pameran atau expo ini," ungkap Wiryanti.

Sementara itu, Destinasi Indonesia Conference akan mengusung tema “Destinasi Pariwisata Indonesia dalam era ekonomi 4.0". Para pakar pariwisata dari berbagai aspek, baik dari dalam maupun luar negeri, akan hadir di sana.

"Penganugerahan Trisakti Tourism Award rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo pada 27 Juni 2019 mendatang di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center (JCC)," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)