News Trend

TOKO FISIK BANGKIT, ONLINE RITEL TERTINGGAL?

Dalam putaran kebangkitan ritel, toko fisik menunjukkan taji. Pandemi telah mempercepat digitalisasi, namun kebangkitan toko fisik membuktikan bahwa sentuhan manusia masih menjadi kunci di era digital.

.

.

Ali Hall dan Julie Lavington mendirikan Sosandar, pengecer fashion wanita online dari Inggris pada tahun 2016. Dalam beberapa tahun, penjualan tahunan mereka meningkat hingga £42 juta. Namun, inisiatif pertumbuhan terbaru mereka bukan kampanye pemasaran digital atau perekrutan influencer media sosial baru. Mereka berencana membuka hingga delapan toko di kota-kota kaya tahun ini.

Kendati belanja online meningkat, kebanyakan pakaian masih dijual di toko. “Mengapa hanya bermain di pasar 40% dan meninggalkan 60%?” kata Hall tentang pembagian pasar offline dan online di Inggris.

Minat yang baru terhadap toko fisik merupakan pembalikan yang menarik dari tahun 2020 dan 2021. Saat itu, penutupan toko non-esensial untuk mencegah penyebaran Covid-19 meningkatkan penjualan e-commerce. Saham pengecer mode online seperti Asos, Boohoo, dan Zalando naik tinggi.

Namun, setelah pandemi, pembeli di Inggris kembali menyukai belanja di toko. Pengecer online menghadapi tantangan logistik, persaingan dari Asia yang sangat murah, dan biaya yang melonjak. “Pasca-Covid, kami melihat pelanggan ingin belanja di mana saja,” tambah Lavington.

Perubahan ini terlihat di pasar saham. Saham Asos yang pernah mencapai puncak £57 pada 2021, kini hanya sekitar £3,80. Bahkan pengecer mewah seperti Farfetch juga terkena dampak. Pada Desember, Farfetch nyaris bangkrut dan harus menjual diri ke Coupang dari Korea Selatan.

Pengecer Inggris yang berbasis toko, seperti ditulis The Financial Times, bagaimanapun, telah pulih. Saham Grup Frasers, pemilik Sports Direct dan Flannels, hampir dua kali lipat sejak awal 2021. Marks and Spencer, yang dulu lambang kesulitan high street Inggris, kembali ke indeks FTSE 100 tahun lalu karena penjualan dan keuntungan yang kuat.

“Yang kami lihat adalah rekalibrasi saluran online dan in-store,” kata Tamara Sender Ceron, analis ritel mode di Mintel. Ini meninggalkan pertanyaan bagi semua pengecer tentang saluran mana yang lebih menguntungkan dan di mana harus memprioritaskan investasi. Bahkan Next, operator pasar menengah Inggris yang berhasil menggabungkan toko dengan operasi online, mengakui sulitnya memprediksi masa depan.

“Kami tidak tahu,” kata CEO Next, Lord Simon Wolfson. “Tapi kami tidak ingin meninggalkan ritel fisik, karena tampaknya stabil untuk sekarang.”

Dua dekade terakhir, pengecer online telah mendefinisikan ulang cara orang belanja pakaian dengan pilihan luas, pemasaran digital yang cerdas, dan pengiriman cepat. Selama pandemi, saat toko fisik harus tutup, pengecer seperti Asos, Boohoo, dan Zalando berhasil.

Page: 1 2 3 4 5

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Tiga Soft Skill Pekerja yang Bernilai Bagi Perusahaan

MIX.co.id – Kebutuhan atas pekerja yang piawai semakin meningkat seiring dengan keinginan perusahaan untuk berkompetisi…

3 hours ago

Inke Maris Dinobatkan sebagai PR Agency of the Year-Journalist Choice di ajang  “Indonesia PR of The Year 2024”

MIX.co.id - “Indonesia PR of the Year 2024” baru saja digelar Majalah MIX MarComm, Swa…

4 hours ago

‘Indonesia PR of The Year 2024,’ Ajang Rekognisi Program Komunikasi dan Praktisi PR Terbaik

MIX.co.id – Majalah MIX MarComm (SWA Group) kembali menggelar program tahunan “Indonesia PR of The…

5 hours ago

Upaya Kolaboratif Musim Mas, L3F, SNV Indonesia, dan ICRAF Terapkan Model Perkebunan Regeneratif

MIX.co.id - Program Biodiverse & Inclusive Palm Oil Supply Chain (BIPOSC) dengan mengaplikasikan model perkebunan…

6 hours ago

Didukung Jaringan Global, TMI Tangani Klaim Secara Efektif

MIX.co.id – PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI), salah satu pemimpin pasar dalam asuransi pengangkutan…

8 hours ago

Propan Sandimas Experience Center Pamerkan Deretan Produk Inovatif hingga Layanan Konsultasi

MIX.co.id - Produsen cat lokal Propan Raya dan pemasok bahan bangunan Sandimas berkolaborasi menghadirkan Propan…

12 hours ago