Tokopedia Massif Menggarap Segmen Muslim

Menyasar segmen muslim, Tokopedia kembali merilis fitur terbarunya, Tokopedia Umroh, pada hari ini (27/11), di Jakarta. Tokopedia Umroh, yang merupakan bagian dari ekosistem Tokopedia Salam, diharapkan dapat mempermudah persiapan pelanggan Tokopedia dalam beribadah umroh dan saat melakukan perjalanan di Saudi Arabia. 

Dituturkan Head of Tokopedia Salam Garri Juanda, “Fitur Tokopedia Umroh ini bekerja sama dengan puluhan agen resmi terkurasi dengan standard layanan yang baik untuk mempermudah persiapan pengalaman beribadah Umroh dan saat melakukan perjalanan di Saudi Arabia. Selain itu, masarakat juga semakin dipermudah dalam melakukan pembayaran cicilan tanpa riba untuk paket Umroh di Tokopedia Umroh. Caranya, hanya dengan membayar uang muka terlebih dahulu, untuk kemudian melakukan pelunasan sebelum keberangkatan ke tanah suci.”

Selain perjalanan ibadah Umroh, lanjutnya, Tokopedia juga menghadirkan lebih dari 21 juta produk yang terkurasi oleh lebih dari 700 ribu penjual untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk berbagai produk makanan, minuman, fesyen, dan kecantikan dengan lebih lengkap, mudah, dan amanah di Tokopedia Salam. 

Menurut Garri, fesyen muslim menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari masyarakat Indonesia, dalam hal ini pengguna Tokopedia. "Kami mencatat, ada lebih dari 85% dari pengguna memiliki kebutuhan akan berbelanja fesyen muslim. Menjawab kebutuhan tersebut, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai kreator lokal di industri fesyen muslim termasuk Ria Miranda, Zoya, SAYEE, dan lainnya untuk menghadirkan beragam karya mereka lewat Tokopedia Salam," ujarnya.

Sejak Tokopedia Salam diluncurkan, diakui Garri, kinerjanya mengalami peningkatan signifikan. Tingkat kunjungannya  mencapai 45% sejak September hingga Oktober 2019. Pada akhir kuartal ketiga 2019, transaksi Tokopedia Emas bahkan meningkat hingga lebih dari 5 kali lipat dibandingkan akhir kuartal pertama 2019. 

"Pada periode yang sama, pengguna Tokopedia Emas juga meningkat hampir 5 kali lipat. Selain itu, sejak Mei hingga Oktober 2019, Tokopedia Reksa Dana Syariah mengalami peningkatan nilai transaksi hampir 2 kali lipat serta peningkatan total tabungan terakumulasi sebesar lebih dari 4 kali lipat," papar Garri.

Bersamaan dengan peluncuran Tokopedia Umroh, Tokopedia juga merilis kampanye berdonasi melalui Tokopedia Salam. Pada kesempatan itu, Tokopedia juga telah bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan seperti NU Care-LAZISNU, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa, Baznas, dan mitra lainnya.

Melalui kampanye tersebut,  masyarakat dipermudah menyalurkan bantuan berupa sedekah, kurban, dan zakat secara transparan dan sesuai preferensi masing-masing dalam satu tempat, yaitu Tokopedia Salam. "Kampanye donasi ini juga akan menjadi kampanye berkelanjutan, dimana setiap partner donasi Tokopedia Salam akan dapat mengajukan inisiatif sosial untuk ditinjau, dikurasi dan didukung oleh Tokopedia Salam," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)