Toyota Investasikan US$ 1 Miliar ke Grab

Toyota Motor Corporation (Toyota) memutuskan untuk menginvestasikan US$1 miliar di Grab pada pertengahan Juni ini (13/6). Keputusan itu menjadikan Toyota sebagai investor utama dalam putaran pendanaan terbaru Grab. Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Grab dan Toyota akan memperkuat dan mengembangkan kolaborasi mereka yang telah terjalin guna mendorong adopsi solusi-solusi mobilitas baru di seluruh Asia Tenggara. Transaksi tersebut akan dilakukan setelah beberapa syarat terpenuhi.

Diungkapkan Shigeki Tomoyama, Toyota Executive Vice President and President of Toyota’s in-house Connected Car Company dalam pressrelease-nya, “Kami gembira bahwa Toyota telah memperkuat kolaborasi ini yang memanfaatkan teknologi terhubung yang dimiliki Toyota dengan Grab, perusahaan ride-hailing terkemuka di Asia Tenggara. Ke depannya, bersama Grab, kami akan mengembangkan sejumlah layanan yang lebih menarik, aman, dan terjamin bagi seluruh pengguna kami di Asia Tenggara.”

Sejatinya, investasi Toyota tersebut merupakan investasi terbesar produsen otomotif dalam sektor ride-hailing secara global. Langkah itu telah membawa Grab semakin dekat mencapai visinya, yakni menjadi platform mobilitas terpadu satu pintu (one-stop mobility platform). Sebagai mobile platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, investasi Toyota tersebut tentu saja memungkinkan Grab untuk mengembangkan ragam layanan O2O yang dimilikinya, seperti GrabFood dan GrabPay, secara lebih luas.

Saat ini, Grab telah beroperasi di 217 kota di delapan negara di Asia Tenggara dan menawarkan layanan transportasi yang aman dan terjangkau, pengantaran makanan dan paket, pembayaran mobile, dan layanan keuangan melalui aplikasi Grab. Dikatakan Ming Maa, President of Grab, “Sebagai pemimpin global dalam industri otomotif, investasi Toyota di Grab berdasarkan kepercayaan mereka terhadap kepemimpinan kami dalam mendorong berbagai solusi mobilitas terbaru dan mengembangkan layanan-layanan O2O mobile.”

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa Grab merupakan start up Asia teknologi pertama yang telah mencapai estimasi pendapatan yang dapat diraih pada masa datang (run rate revenues) yang melebihi US$ 1 miliar dengan basis pengguna yang telah mengunduh aplikasi Grab mencapai lebih dari 100 juta. Grab juga telah memberikan penumpang akses ke lebih dari 6,6 juta mitra dan agen, dengan lebih dari 6 juta perjalanan setiap harinya.

Dengan investasi tersebut, ditambahkan Ming Maa, Grab akan bekerja sama dengan Toyota untuk mengembangkan layanan mobil terhubung dalam Toyota Mobility Service Platform (MSPF) yang dapat memperkaya pengalaman mitra pengemudi Grab. Grab dan Toyota akan meluncurkan layanan mobil terhubung, seperti asuransi berbasis telematika, yang akan mengurangi biaya premi asuransi demi keselamatan mitra pengemudi Grab yang lebih baik.

Selanjutnya, demi meningkatkan kolaborasi strategis dengan Grab, salah satu eksekutif Toyota akan ditunjuk sebagai jajaran direksi Grab dan anggota tim khusus Toyota akan mendukung Grab sebagai executive officer.

Tags:
Grab Toyota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)