MIX.co.id – Sejatinya, corporate communication berjalan bersama corporate business. Membangun brand equity yang baik kepada stakeholders akan menjadi berguna dalam membangun kepercayaan bisnis. Maka dari itu, strategi mengkomunikasikan informasi harus sejalan dengan progres bisnis.
Hal itu disampaikan Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya M. Sinulingga, dalam panel diskusi Indonesia Communications Outlook (ICO) 2023 bertajuk “A looming Recession's Potential Impact on PR Industry: Strengthen and Recession-Proof Your PR Strategy” yang digelar di Jakarta, Rabu (18/1).
Dalam materi bertajuk “The Importance of Strategic Communication During the Potential Crisis” Arya memaparkan kesuksesan perusahaan BUMN melalui serangkaian terobosan untuk mendongkrak reputasi BUMN.
Penanganan Covid-19 misalnya, sentra vaksinasi bersama BUMN hadir untuk memudahkan akses publik serta mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi program pemerintah di berbagi wilayah. Edukasi yang gencar tentang program vaksinasi pemerintah ini mampu memberikan efek positif bagi masyarakat.
“Kami gencar menggelar vaksinasi di berbagai lokasi sentral vaksinasi. Hasilnya, masyarakat yang awalnya ragu menjadi mau dan antusias dengan vaksin,” ujar Arya.
Permasalahan kinerja BUMN yang dianggap “jeblok” oleh banyak kalangan, pelan-pelan mulai diperbaiki. Caranya dengan melakukan program transformasi BUMN 2020-2024. Salah satunya dengan cara melakukan pembenahan melalui aksi merger, akusisi, restrukturisasi, deregulasi dan penataan Permen BUMN, hingga hingga penguatan tata kelola investasi.
Langkah transformasi tersebut dilakukan secara integrasi untuk memitigasi krisis komunikasi publik dan hasilnya signifikan. Ditengarai dengan kualitas pemberitaan yang selalu positif dan membangun.
“Pencapaian pemberitaan positif Kementerian BUMN sebesar 87% bernada positif dan konstuktif,” terang Arya. Sepanjang 2022, terdapat 1.488.1978 total pemberitan BUMN yang termonitor di kementerian BUMN, setara dengan 3.278 berita per hari. Angka ini naik 120% dibandingkan jumlah pemberitaan periode Januati – Desember 2022.
Pembuatan aset digital sebagai salah satu strategi Public Relations (PR), membantu meminimalisir anggaran komunikasi perusahaan. Hal ini dilakukan dengan membentuk Social Media Ranger (SMR) di kementerian BUMN. Saat ini terdapat 2123 SMR dengan 524.904 total posting di platform digital sosial media. “Melalui SMR sebagai medium, program komunikasi publik dapat menghemat efisiensi sebesarRp73,6 miliar,” lanjut Arya.
Langkah transformasi BUMN juga berkontribusi positif terhadap perekonomian di Indonesia. Hal ini diimplementasikan lewat penerimaan pajak, dividen, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp1.198 triliun periode 2020-2022, meningkat Rp68 triliun dibandingkan dengan periode 2017-2019 sebesar Rp1.130 triliun. Demikian pula untuk rasio utang terhadap modal BUMN, mengalami perbaikan dari 38,6% (2020), menjadi 36,2& (2021), dan di Q3 2022 menjadi 34% (unaudited).
Pada panel diskusi yang dipandu Farah Dilla Syofiana selaku Co-Founder & Co-Chief Executive Officer Kalandara Group, dengan menghadirkan pembicara Benny S. Butarbutar (Media & Communications Senior Advisor Perum Bulog & General Secretary of Perhumas), Richelle Maramis (Senior VP - Division Head, Corporate Affairs at PT Bank Permata Tbk), dan Saki H Bramono (VP of Corporate Communication Telkomsel), Arya menyampaikan tentang strategi PR untuk meraih awareness dan growth.
“Caranya, PR itu must be ongoing (selalu berkelanjutan). Present a meaningful story atau bangun narasi yang berdampak. Kemudian, let data drive your content, pastikan informasi selalu didukung oleh data yang akurat,” paparnya.
Terhadap terjadinya crisis management, jika dikelola secara strategis, maka isu yang muncul juga akan terkontrol.
“Preventif, responsif, dan adaptif bisa menjadi tiga kunci utama pengelolaan krisis dalam perusahaan. Selain itu, harus ada fungsi khusus yang didelegasikan untuk menangani krisis untuk mengoptimalkan pengelolaan krisis yang dapat dikendalikan,” tandas Arya Sinulingga.()