News Trend

TRANSFORMASI IDEAL “KECANTIKAN” PRIA KONTEMPORER

Meskipun tantangan ekonomi mendorong banyak orang untuk mengurangi pengeluaran, permintaan terhadap produk perawatan pribadi yang efektif dan berkualitas tinggi tetap terjaga, yang terlihat dari pertumbuhan yang stabil dalam penjualan merek-merek ternama di kategori ini.

Skincare masih terjaga volumenya dan merek-mereknya meningkat 2,7%—suatu pencapaian yang tidak mudah dalam kategori di mana unit secara keseluruhan turun 3,9%, didorong oleh konsumen yang membatasi pengeluaran.

“Para pembeli terus mengurangi kategori toiletries pria dan memiliki ukuran keranjang yang lebih kecil saat berbelanja,” jelas analis Kantar, Patrick Crowley.

Fenomen aini mengindikasikan bahwa arah perawatan pria telah berubah. Tren kecantikan maskulin telah melepaskan prasangka lama—dan pandangan yang lebih santai terhadap sektor yang dulu dianggap ‘feminin’ telah meningkatkan penjualan.

“Ada pergeseran dalam kategori perawatan pria,” kata Monique Rossi, GM deodoran Unilever. “Stereotip gender lama tentang apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan pria dalam hal perawatan pribadi telah bergeser, dan ini didorong oleh generasi muda pria yang lebih sadar tentang bagaimana mereka ‘tampil’ dan pentingnya perawatan diri.”

Perubahan ini juga didorong oleh pendekatan yang lebih fleksibel terhadap gender, menurut spesialis skincare, Georgina East. “Dalam beberapa tahun terakhir, diskusi tentang fluiditas gender telah mendapatkan tempat yang penting,” jelasnya.

“Beberapa individu mungkin menjelajahi berbagai ekspresi sebelum menetap pada identitas yang lebih stabil, sementara yang lain merangkul fluiditas.”

“Kesadaran ini terhadap berbagai ekspresi telah mempengaruhi pilihan perawatan pribadi, termasuk skincare,” tambah East, yang menjalankan klinik SKNfluence di Harley Street, London.

Lalu ada tren mega kesehatan.

Pria sekarang “mengerti bahwa perawatan kulit bukan hanya tentang kesia-siaan,” kata East. “Akibatnya, mereka bersedia berinvestasi dalam produk berkualitas.”

Tetapi kesehatan hanyalah awal dari kisah sukses sektor ini sebesar £123,9 juta. Rasa malu yang terkait dengan rutinitas skincare ‘girly’ juga telah terkikis berkat bantuan beberapa kekuatan bintang yang sangat maskulin, kata Jonathan Andrew, duta global untuk Fudge Professional.

Page: 1 2 3 4

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Langkah LG Perkuat Pasar AC Komersial di Indonesia

MIX.co.id - PT LG Electronics Indonesia kembali memperkenalkan produk Single Commercial AC terbarunya, pada awal…

16 hours ago

Lima Tren Media Sosial bagi Bisnis

MIX.co.id - Meta baru saja merilis lima tren media sosial di 2025 yang dapat berdampak…

1 day ago

Bidik Gen Z, Wings Food Luncurkan TOP Mokachinno Double Shot

MIX.co.id - TOP Coffee, merek kopi dari Wings Food, merilis inovasi terbarunya, TOP Mokachinno Double…

1 day ago

Nivea Libatkan 9 Perempuan Berhijab Inspiratif di “Nivea Hijab Run 2025”

MIX.co.id - Nivea akan menggelar Nivea Hijab Run 2025, pada 23 Februari mendatang di Mall…

2 days ago

Gandeng Sony Music, Asics Dukung Perjalanan Musik Cécil Yang

MIX.co.id - Asics Indonesia berkolaborasi dengan produser musik Sony Music Indonesia memadukan elemen terbaik dunia…

2 days ago

Save the Children Jangkau Puluhan Ribu Masyarakat melalui Program “Ketangguhan Masyarakat Berbasis Lanskap”

MIX.co.id - Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dari 1 Januari hingga 8 Desember 2024,…

3 days ago