MIX.co.id - Traveloka telah membangun kemitraan dengan lebih dari 380 operator Bus & Travel di Indonesia, per Desember 2022. Pertumbuhan jumlah mitra Bus & Travel tersebut telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak produk Bus & Travel diluncurkan empat tahun lalu, di 2018.
Dituturkan Iko Putera, CEO of Transport Traveloka, “Seiring dengan meningkatnya pemanfaatan teknologi dan digitalisasi khususnya di sektor transportasi, kami melihat adanya peningkatan minat yang tercermin pada peningkatan transaksi bus dan travel.”
Memasuki periode akhir tahun 2022, lanjutnya, Traveloka melihat adanya peningkatan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi bus dan travel, khususnya untuk wilayah Jawa dan Sumatera yang meningkat hampir 3 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2020.
Peningkatan minat konsumen pada produk bus dan travel didasari oleh beberapa faktor, antara lain titik keberangkatan dan jangkauan destinasi lebih dekat dengan konsumen, harga tiket bus yang lebih terjangkau, serta ragam tipe bus yang semakin bervariasi (luxury bus, sleeper bus, captain seat, single seater).
“Kebutuhan tersebut juga menjadi landasan inovasi kami dalam menjamin kelengkapan serta ketersediaan produk bus, di mana informasi mengenai tipe maupun jenis armada bus, pilihan jadwal, dan rute bus dapat dengan mudah ditemui di Traveloka,” ungkapnya.
Peningkatan mobilitas konsumen pada sektor transportasi terus menunjukkan pertumbuhan positif seiring dengan pelonggaran pembatasan dan tingginya minat masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan. Peningkatan mobilitas konsumen di tingkat nasional juga tercermin melalui data internal Traveloka.
“Beberapa kota besar seperti Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Malang, Bandung masih menjadi destinasi favorit. Sedangkan untuk Pulau Sumatera, Bandar Lampung, Palembang, Medan, Padang, dan Pekanbaru juga menjadi pilihan. Yang menarik, kami juga melihat tren positif pada kota-kota lainnya seperti Makassar, Tana Toraja dan Mamuju,” imbuhnya.
Siaran Pers
Hal itu menunjukkan bahwa kuatnya penetrasi digital dan pemanfaatan teknologi sudah mulai tersebar ke daerah lainnya. Dengan demikian, sudah semakin banyak masyarakat yang merasakan kemudahan memesan bus secara online.
Traveloka juga memahami bahwa faktor kenyamanan menjadi salah satu hal penting bagi penumpang bus, khususnya mereka yang bepergian dengan jarak jauh. Kebutuhan ini direspon baik oleh mitra Perusahaan Otobus (PO) Bus yang senantiasa melengkapi ketersediaan mereka di aplikasi Traveloka. Saat ini, setidaknya sudah ada PO Bus Sinar Jaya, Damri, Unicorn, 27Trans, Agra Mas, Nusantara, Tami Jaya, NPM, Sumber Alam, Handoyo, Epa Star dan lain-lain yang menyediakan jenis single seater, luxury, sleeper bus, dan captain seat, dengan destinasi favorit Palembang, Yogyakarta, Magelang, Denpasar, Jakarta.
“Antusiasme penumpang bus untuk tipe tersebut juga terlihat pada peningkatan lebih dari 30% minat penumpang selama periode Oktober-November 2022, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” ucapnya.
Sebagai mitra Traveloka, mitra PO Bus juga akan mendapatkan beragam manfaat yaitu memperoleh segmen penumpang baru serta nama operator menjadi lebih dikenal masyarakat lewat berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan Traveloka baik online (social media, livestream, in-app banner) maupun offline. Selain itu, dengan memanfaatkan database pengguna aplikasi Traveloka yang telah di download lebih dari 100 juta kali, Traveloka dapat memberikan rekomendasi bagi mitra Bus & Travel untuk mengoptimalkan roda bisnis mereka melalui berbagai strategi dan program yang memaksimalkan utilisasi kursi bus dan travel sepanjang trayek.
“Traveloka sangat membantu kami untuk mengidentifikasi layanan yang dibutuhkan penumpang, potensi rute yang akan tumbuh, hingga mengoptimalisasikan bisnis kami. Di tahun 2022 ini kami mencatat kenaikan penjualan kursi di Traveloka hingga hampir 30% jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi. Tidak hanya efektif dalam meningkatkan penjualan kursi, bersama Traveloka kami juga telah menambah rute-rute baru seperti Yogyakarta - Jatijajar - Parung. Dukungan yang diberikan Traveloka terlebih saat masa sulit seperti pandemi dua tahun lalu telah membantu roda bisnis kami terus berputar melalui pemanfaatan digitalisasi dan teknologi,” terang Anthony Steven Hambali, Pemilik PO Sumber Alam.