Tren Staycation Meningkat, Traveloka Luncurkan Program “Traveloka Staycation Week 2022”

MIX.co.id - Google Year in Search Indonesia 2021 mengungkapkan bahwa hasil penelusuran staycation di Google meningkat hingga 85%. Hal itu diperkuat dengan data internal Traveloka yang menyebutkan bahwa staycation yang dilakukan oleh konsumen Traveloka pada Agustus 2022 di dalam kota naik dua kali lipat dibandingkan dengan 2021.

Temuan lainnya, pada September 2022, 70% pengguna Traveloka telah merencanakan liburannya dalam waktu dekat. Bahkan, dalam tiga bulan terakhir, konsumen telah merencanakan liburan ke hotel atau villa, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sementara itu, sebanyak 75% pengguna telah merencanakan perjalanan liburan domestik dengan kota tujuan terfavorit, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer Traveloka, menegaskan, “Sejak awal tahun, masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas secara normal dan minat berwisata masyarakat terus bergeliat. Khususnya dalam enam bulan terakhir, kami juga mencatat pertumbuhan tren berlibur staycation yang kini terus meningkat popularitasnya, seiring dengan peningkatan jumlah konsumen yang melakukan perjalanan dan berlibur.”

Lebih jauh ia menegaskan bahwa dipicu pandemi, staycation menjadi salah satu tren wisata yang digemari dan menjadi bagian dari gaya hidup para pengguna. Saat ini, staycation memiliki arti lebih luas, dari sekadar liburan di dalam kota, menjadi short getaway (liburan singkat). “Bahkan, staycation tidak lagi harus dilakukan pada saat weekend, weekday pun bisa menjadi pilihan waktu staycation mereka,” ucapnya.

Terkait staycation pada saat weekdays, diakui Shirley, biasanya hal itu dilakukan oleh segmen yang lebih muda, seperti Gen Z, yang terhitung lebih fleksibel. “Oleh karena itu, untuk mendorong staycation pada saat weekdays, kami memanfaatkan platform TikTok untuk kampanye staycation, hingga kanal digital marketing lainnya. Kami pun menawarkan hotel-hotel yang instagramable, yang memang disukai oleh segmen muda. Oleh karena itu, kami juga pernah bekerja sama dengan seniman untuk membuat mural, di mana responnya sangat bagus,” urainya.

Adapun kriteria staycation yang digemari oleh konsumen Traveloka, yaitu menginap di akomodasi yang memiliki pemandangan indah, dekat dengan pusat perbelanjaan dan atraksi wisata, memiliki kolam renang, fasilitas kamar yang memadai, dan memiliki penampilan yang menarik,” ucapnya.

Berangkat dari tren staycation tersebut, hari ini (20/10), Traveloka meluncurkan program promosi terbarunya, Traveloka Staycation Week 2022. Program tersebut menawarkan diskon hingga 70% untuk berbagai produk akomodasi, transportasi, hingga atraksi wisata. “Kehadiran Traveloka Staycation Week 2022 merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan keuntungan lebih dan memenuhi aspirasi berlibur konsumen menjelang libur akhir tahun ini,” lanjutnya.

Sejalan dengan program pemulihan sektor pariwisata, diakui Shirley, Traveloka Staycation Week digelar sebagai bentuk dukungan berkelanjutan Traveloka terhadap inisiatif pemerintah dengan berupaya untuk terus mempromosikan berbagai destinasi wisata dalam mendorong percepatan pemulihan sektor pariwisata ke tingkat sebelum pandemi sekaligus membantu menstimulasi peningkatan bisnis para mitra.

Berlangsung selama dua pekan, Traveloka Staycation Week 2022 terbagi dalam dua periode, yakni periode pemesanan dan periode menginap. Periode pemesanan akan berlangsung pada tanggal 21–28 Oktober 2022 dengan diskon hingga 70% untuk berbagai produk. Sementara periode staycation akan berlangsung pada 29 Oktober–3 November 2022. Meskipun demikian, konsumen tetap dapat melakukan pemesanan pada periode staycation untuk kebutuhan libur akhir tahun dengan promosi yang tidak kalah menarik.

Melalui Traveloka Staycation Week 2022, Traveloka bersama para mitra menawarkan diskon hingga 70% untuk pemesanan produk perjalanan seperti layanan Hotel dan Holiday Stays, tiket pesawat, airport transfer, bus & travel, hingga Traveloka Xperience untuk produk atraksi wisata, tur, spa, dan kecantikan, serta masih banyak produk Traveloka lainnya.

Pada periode pemesanan di tanggal 21–28 Oktober 2022, pengguna Traveloka dapat menikmati diskon hingga 70% sepanjang hari. Selain itu, untuk semakin mempermudah konsumen mendapatkan produk yang diincar dengan harga yang bersahabat, Traveloka juga menggelar Traveloka Grand Bazaar dan Group Buy setiap pukul 12:00 hingga 23:59 WIB, TSW Hour yang berlangsung pada siang dan malam hari di mana konsumen mendapatkan diskon di kota-kota destinasi favorit seperti Medan, Surabaya, Bali, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Semarang, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Bekerja sama dengan lebih dari 6.900 pelaku industri pariwisata di tanah air, Traveloka juga siap menembus rekor MURI dengan jumlah orang terbanyak yang membunyikan bel hotel pada waktu bersamaan sebagai tanda dimulainya promosi Traveloka Staycation Week pada 21 Oktober 2022 nanti.

Gavin Gunawan, CEO & Rev Director of Verse Hotel, menyambut baik program Traveloka Staycation Week 2022. “Peningkatan tren staycation dan liburan masyarakat dalam beberapa bulan terakhir menumbuhkan harapan sekaligus optimisme pelaku industri pariwisata seperti kami. Kami mengapresiasi Traveloka yang telah menginisiasi Traveloka Staycation Week, yang menjadi sarana bagi kami dalam memperluas jangkauan pasar, memudahkan kami dalam menghadirkan inovasi, serta menawarkan berbagai benefit bagi pelanggan yang ingin merencanakan liburan dan perjalanan mereka.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)