Tumbuh Enam Kali Lipat di Kategori FMCG, Ini Tiga Inisiatif yang Dihadirkan Lazada

MIX.co.id - Menginjak satu dekade (10 tahun) di Indonesia, Lazada menunjukkan pertumbuhan kinerja yang positif, terutama untuk kategori fast moving consumer goods (FMCG).

Bahkan, sejumlah inisiatif yang dilancarkan Lazada untuk kategori FMCG dalam empat tahun terakhir, berujung pada pertumbuhan hingga 6 kali lipat dari sisi penjualan. Selain itu, kategori FMCG di Lazada juga mengalami peningkatan 8 kali lipat konsumen yang berbelanja dan peningkatan 10 kali lipat selling seller.

Diungkapkan Lia Kurtz, VP FMCG Lazada Indonesia, pada hari ini (10/3), dalam wawancara eksklusif yang digelar secara virtual, “Secara konsisten Lazada terus melakukan berbagai inisiatif dan berevolusi, salah satunya dengan menyajikan kanal terkurasi untuk produk-produk kebutuhan harian.”

Selain itu, Lazada juga memanfaatkan kecerdasan buatan dan sistem algoritma yang sistematis untuk membaca perilaku konsumen. “Dengan demikian, apa yang kami hadirkan untuk konsumen selalu relevan dengan kebutuhan masing-masing,” katanya.

Lantas, apa saja inisiatif yang telah dihadirkan Lazada hingga mampu meningkatkan penjualan yang sangat signifikan di kategori FMCG? Dijawab Lia, Lazada menghadirkan kanal khusus kecantikan, Beauty World. Sebagai salah satu eCommerce terpercaya untuk pemenuhan kebutuhan kategori kecantikan, kanal Beauty World Lazada menyediakan produk terkurasi dari brand lokal maupun internasional.

“Di kanal ini, produk juga dikelompokan berdasarkan kategori serta harga, sehingga memudahkan konsumen loyal dalam mencari produk tertentu kesayangan mereka, maupun untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan make up,” ia menjelaskan.

Inisiatif kedua adalah LazMall dan LazMall Prestige. Berdasarkan data dari Kantar, konsumen kelas atas dan menengah mendominasi pasar FMCG di ranah online, salah satunya adalah untuk segmen personal care. Berangkat dari insight tersebut, Lazada menghadirkan LazMall dan LazMall Prestige, kanal khusus untuk produk terkurasi dari berbagai brand dengan jaminan 100% keaslian produk dari berbagai kategori.

“Khusus untuk FMCG, kanal LazMall Prestige, memungkinkan konsumen untuk mendapatkan brand premium favorit mereka dengan lebih mudah serta nyaman,” yakinnya.

Inisiatif ketiga adalah Toko Kategori (Category Store), yang dikelola langsung oleh Lazada. Category store adalah salah satu inisiatif Lazada untuk menghadirkan one stop shopping solution bagi konsumen, sehingga lebih praktis saat berbelanja kategori-kategori yang merupakan kebutuhan sehari-hari.

Saat ini Lazada memiliki dua category store, yaitu Lazada Daily Store, yang menyediakan perlengkapan rumah tangga sehari-hari, dan Lazada Baby and Kids Flagship Store untuk memenuhi seluruh kebutuhan Ibu dan anak dari usia 0-12 tahun.

Dalam mengoperasikan kedua store tersebut Lazada bekerja sama dengan puluhan brand favorit dari masing-masing kategori tersebut guna menyediakan produk-produk yang sering dicari oleh konsumen. “Dengan berbelanja di category store ini, konsumen dapat memperoleh berbagai kebutuhan dari brand favorit dengan biaya ongkos kirim yang ringan,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)