Jaringan hotel ternama milik Tony Fernandes, asal Malaysia, Tune Hotels. Secara resmi telah dibuka untuk pertama kalinya di area Jakarta, tepatnya dikawasan Pasar Baru, Jakarta pada 3 September 2012 lalu. Dibukanya hotel di tempat tersebut merupakan properti ke-tiga di Indonesia, setelah sebelumnya ada di Kuta dan Legian, Bali. Acara yang dibuka oleh Mark Lankester, CEO Tune Hotels tersebut dihadiri pula oleh CEO Red Planet Hotels, Aktor Nicholas Saputra dan Model Izabel Jahja.
Tune Hotel resmi dibuka di Jakarta
Konsep unik yang ditawarkan oleh Tune Hotels kepada para pengunjung pun terbilang menarik, Tune Hotels, mencoba untuk menjangkau pasar Indonesia yang sangat potensial dengan cost yang terjangkau. Segmen yang disasar oleh hotel ini memang mengacu kepada menengah atas, namun secara keseluruhan, dengan berbagai fasilitas yang tersedia, tidak dipungkiri semua segmen bisa menikmati.
Selain itu, segmen kelas menengah yang terus meningkat hampir 40% di Indonesia menjadi salah satu target pasar Tune Hotels, terutama di Jakarta, masyarakat level menengah pun berkembang pesat di Jakarta dan kota – kota disekitarnya.
“Jakarta adalah pintu gerbang bagi wisatawan sebagai tempat singgah sebelum melanjutkan perjalanan mereka ke tempat populer lainnya, seperti Bali, Medan, Yogyakarta, dan Surabaya. Selain itu pemilihan lokasi di daerah Pasar Baru, Jakarta didasari karena dengan pusat kuliner, museum, dan tempat lainnya yang menunjang pengunjung untuk datang” unggah Mark.
Keberadaan hotel ini pun tidak semata-mata hadir begitu saja, dengan tingkat hunian yang mencapai 90% di dua hotel lainnya di Bali, memberikan motivasi sendiri untuk membuka pasar di wilayah Jakarta. Pemilihan Jakarta sendiri tidak terlepas dari data Badan Pusat Statistik Indonesia, yang menyebutkan bahwa Jakarta berada di urutan ke-tiga dalam hal angka pengunjung hotel tertinggi di Indonesia.
Perusahaan milik Tony Fernandes ini pun, ternyata tidak hanya berhenti dengan membangun satu hotel di Jakarta saja. Mark Lankester menuturkan bahwa ekspansi lanjutan akan terus digulirkan, dengan membuka jaringan hotel di wilayah Pekanbaru, Palembang, Solo, Surabaya, Medan, Makassar, Kwitang, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.
Ekspansi Tune Hotels di Indonesia, pada dasarnya di picu oleh kuatnya kondisi ekonomi negara, kemudian meningkatnya jumlah wisatawan ke Indonesia, juga meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas hotel berbiaya terjangkau untuk level ekonomi menengah. “Direncanakan pada tahun 2013, akan ada 13 hotel yang akan dibuka,” tutur Mark.
Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa keberadaan hotel yang banyak di Jakarta dan persaingannya secara keseluruhan di Indonesia menjadikan, tiap hotel harus memiliki diferensiasi, baik kepada segmen maupun pilihan produk yang ditawarkan. Maka Tune Hotels, menurut Mark, mencoba meramu keinginan pengunjung ke dalam tema-tema yang ditampilkan di Tune Hotels di kawasan Pasar Baru, Jakarta.
“Tema-tema kamar yang unik bercirikan funky dan sporty coba ditonjolkan untuk menarik minat pengunjung, sembari pengunjung berbelanja dan berwisata budaya maupun kuliner di dekat area hotel”, ungkap Mark.