Untuk memenangkan pasar peramban (browser) mobile, UC Browser, menggandeng developer dan platform lokal untuk merilis konten bernuansa Indonesia
Untuk memenangkan pasar peramban (browser) mobile, Perusahaan internet UC Browser, menggandeng developer dan platform lokal untuk bekerja sama merilis konten bernuansa Indonesia. Menurut Kenny Ye, Director International Business Department Alibaba Group, “negara ini punya potensi pasar yang besar, market share kami bahkan mencapai 49 persen,” katanya saat ditemui reporter MIX di acara Tech in Asia, 11 – 12 November 2015, di Jakarta.
UC Browser saat ini sejatinya makin digandrungi oleh para pengguna, tercatat di Google Store sebagai aplikasi browser no satu yang sering diunduh. Kenny menjelaskan, bahwa tidak mudah untuk memenangkan pasar Indonesia, karakteristik user sangat unik. “Oleh karena itu kami perkaya konten dengan hal yang localized seperti sepakbola, ramadhan, dan live sport,” kata Kenny.
Sebagai bagian dari anak usaha Alibaba Group, UC Browser jelas punya target dan strategi khusus dalam melokalkan konten sesuai karakteristik user. “Kami bekerja sama dengan pihak lain seperti Lazada, hingga portal berita Liputan6.com untuk meningkatkan awareness pengguna bahwa menggunakan UC browser begitu menyenangkan dan tidak tersentralisasi di satu fungsi, yaitu hanya browsing semata,” tuturnya.
Lokalisasi dan kemitraan yang kuat dengan para penyedia konten diyakini telah mendongkrak jumlah unduhan dan penggunaan browser ini. Per Desember 2014, UC Browser telah melampaui 100 juta pengguna aktif harian (daily active user), dan memosisikannya sejajar dengan aplikasi terpopuler lainnya, seperti Facebook dan Twitter.
Berdasarkan catatan pihaknya, ada sekitar 140 juta pengguna aktif, 8,5 juta pengguna aktif tiap harinya dan 18 juta aplikasi dan game di download setiap harinya. Pertumbuhan layanan UC Browser memang didominasi negara-negara berkembang, seperti Tiongkok, India, dan Indonesia. Sedangkan layanan peramban desktop -- UCWeb -- tercatat berada di posisi pertama di Pakistan dengan pangsa 31,7 persen per September 2015.