UKM Jadi Pemicu Pertumbuhan Fintech di Tanah Air

Produk dan layanan berbasis digital, terutama di kategori financial technology (fintech) mengalami peningkatan pangsa pasar pada tahun ini. Selain itu, kehadiran usaha kecil menengah (UKM) yang terus bertambah juga menjadi pemicu terhadap berkembangnya industri fintech di Tanah Air.

Meski begitu, menurut Abednego Samudera, Manager Technology Digital Michael Page Indonesia, perkembangan fintech paling tinggi masih di Jawa. “Perkembangan fintech terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Namun, paling dominan masih di Jawa,” ujarnya saat ditemui di kantornya di Jakarta, Rabu (11/3).

UKM sebagai salah satu pemicu berkembangnya industri fintech di Indonesia, menurut Abednego, lantaran UKM menyuguhkan layanan digital untuk memudahkan konsumen berttansaksi. UKM biasanya berkolaborasi dengan GoPay, Grab, e-commerce, atau pemian fintech lain.

Kondisi ini yang membuat fintech berkembang. Terlebih lagi, jumlah UKM di Indonesia sangat banyak,” lanjutnya.

Lebih jauh, tren-tren terbaru dan pertumbuhan bisnis serta berbagai perubahan dalam dunia pembayaran digital akan menjanjikan lebih banyak lapangan pekerjaan di tahun 2020. Sejumlah sektor baru mengalami kebangkitan, seperti logitech, logistic, pendidikan, dan layanan kesehatan. Menurut Abednego, tak ayal jika kebutuhan pasar terhadap talent di bidang teknologi juga meningkat. Sekitar 70 persen dari portofolio yang dikelola divisi Digital dan Teknologi di Michael Page Indonesia berasal dari fintech.

Dalam laporan Michael Page Indonesia Salary Benchmark 2020 disebutkan bahwa peningkatan gaji saat pindah kerja bervariasi di setiap industri. Untuk mereka yang berpindah ke pekerjaan baru dalam industri yang sama di tahun 2020, kenaikan gaji paling tinggi, yakni 50%, ditawarkan oleh industri digital dan teknologi,

Peningkatan ini utamanya disebabkan oleh bertambahnya permintaan akan sejumlah posisi di dalam industri tersebut, seperti antara lain di level pimpinan di bidang teknis (engineering), pengembangan usaha digital, analisa data, manajer pemasaran dan manajer produk digital.

Imeiniar Chandra, Associate Director Michael Page Indonesia mengungkapkan, industri teknologi semakin membutuhkan ahli-ahli di bidang Big Data dan keamanan dalam bidang cyber. “Tiga bidang yang paling banyak memberikan kesempatan pengembangan karir adalah teknik (engineering), sales, dan marketing. Industri digital dan teknologi selalu mencari kandidat-kandidat yang berpotensi di bidang teknis dan manajer produk. Hal ini yang juga perlu diantisipasi oleh para kandidat,” paparnya. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)