Upaya Advan G1 Menjawab Kebutuhan Segmen Muslim

Ramadhan memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Tak mengherankan, jika hampir semua brand senantiasa memanfaatkan momen Ramadhan untuk menjawab kebutuhan konsumen mereka. Pertimbangan lainnya adalah karena pada masa itu, daya beli konsumen tercatat sangat tinggi.

Momentum ramadhan kali ini juga dimanfaatkan oleh Advan melalui seri Advan G1. Sebagai salah satu pemain smartphone lokal, Advan merasa perlu untuk menjawab kebutuhan konsumen Indonesia di masa Ramadhan. Oleh karena itu, jelang Ramadhan tahun ini, Advan resmi merilis fitur Panduan Muslim.

"Sebagai sebuah inovasi teknologi, smartphone memungkinkan untuk diisi dengan berbagai konten sesuai dengan preferensi penggunanya, termasuk dalam kaitan beribadah. Terlebih dengan momen bulan suci Ramadhan yang akan datang sebentar lagi, setiap muslim pasti ingin lebih fokus dalam beribadah," ungkap Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan, tentang alasan dirilisnya Fitur Panduan Muslim.

Ditambahkan Tjandra, berbeda dengan aplikasi Islami lainnya yang harus meng-install terlebih dahulu dari Play Store, Panduan Muslim yang dikembangkan oleh Advan G1 telah menjadi fitur built-in di dalam sistem operasi IDOS 6.1.2 (Indonesian Operating System) atau yang lebih baru. Sistem operasi custom berbasis Android Marshmallow tersebut bisa dicoba pada smartphone terbaru Advan G1. Di smartphone tersebut, pengguna bisa langsung menjalankan aplikasi Panduan Muslim dari home screen.

“Dalam mengembangkan IDOS dan Advan G1, kami benar-benar merancang khusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah fitur Panduan Muslim yang menampilkan AlQuran, Asmaul Husna, Petunjuk arah kiblat, jadwal sholat, kalender muslim, restoran halal. Fitur inipun terus kami kembangkan agar lebih kaya dan memberi manfaat kebaikan untuk umat Islam di Indonesia,” terang Tjandra.

Pada menu Al-Qur’an, ia menerangkan, pengguna tinggal memilih menu Al-Qur’an 114 surat yang tersedia, lengkap dengan terjemahannya yang bisa diunduh. "Di sini, pengguna juga bisa mendengarkan audionya dengan pilihan murottal yang lengkap dari pembaca Qur’an (qari) terkemuka. Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa menandai ayat-ayat favorit dengan mem-bookmark dan mengetahui posisi terakhir dibaca. Pengguna juga bisa copy ayat serta share ke media sosial," urainya.

Melalui menu Arah Kiblat, pengguna dipermudah untuk mengetahui arah kiblat dengan cepat. "Agar hasil lebih akurat, pastikan handphone dalam posisi terlentang sejajar dan menjauhkan dari benda logam atau magnet yang dapat mengganggu pendeteksian arah," anjurnya.

Fitur Panduan Muslim juga menghadirkan menu Jadwal Sholat yang berguna mengingatkan pengguna pada saat tiba waktunya sholat. Aplikasi inipun sudah disesuaikan dengan tempat pengguna berada berdasarkan informasi GPS. Dengan demikian, dimanapun berada, pengguna akan mendapatkan jadwal sholat yang sesuai.

Tiga menu lainnya adalah Lokasi Terdekat yang menampilkan point of interest (POI) untuk mencari lokasi terdekat sesuai kebutuhan umat Islam, seperti mesjid terdekat dan restoran halal terdekat; menu Kalender yang menampilkan kalender hijriah dengan menampilkan hari peringatan umat Islam; serta menu Asmaul Husna yang menampilkan 99 Nama Allah atau yang lebih dikenal dengan Asmaul Husna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)