Upaya Amar Bank Memelihara Loyalitas SDM

Studi Indonesia Milennial Report 2019 menunjukkan, dalam memutuskan untuk bertahan atau tidaknya milenial dalam pekerjaan yang sama, fasilitas pengembangan diri yang lebih baik berada di urutan pertama yang dipilih oleh 26,5% millennial. Selanjutnya, diikuti oleh besaran gaji di urutan kedua (17,1%), kondisi lingkungan kerja (15%), waktu kerja (12,1%), dan sesuai passion (12,1%).

Oleh karena itu, menciptakan lingkungan kerja yang menginspirasi sejatinya menjadi kunci dalam memelihara loyalitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, termasuk SDM dari segmen millennials. Komitmen itulah yang senantiasa diwujudkan Amar Bank, Bank pelopor Financial Technology (fintech) dengan produknya Tunaiku, dalam mengembangkan SDM di perusahaannya.

Sebagai perusahaan yang banyak didominasi oleh SDM millennials, maka Amar Bank menerapkan perpaduan dua budaya kerja, yakni budaya kerja perusahaan rintisan (startup) dan budaya kerja perusahaan atau organisasi besar. Hal itu juga sejalan dengan moto Amar Bank, “Learn More, Earn More, Have Fun!”

Diungkapkan Managing Director Amar Bank Vishal Tulsian, “Bisa dikatakan, budaya kerja yang diterapkan di Amar Bank ini seperti budaya kerja sebuah startup. Sebab, pada umumnya sebuah perusahaan atau organisasi besar lebih fokus terhadap kesenjangan (gap) kinerja dan sudah memiliki standard tersendiri yang harus dipertahankan. Sedangkan di sini, yang menjadi fokus kami adalah kesenjangan (gap) peluang. Sederhananya, startup bukan hanya menjadi ‘tampilan’ saja melainkan menjadi ‘pola pikir’. Beberapa karakteristik yang dapat diunggulkan dari pola pikir ini adalah kemampuan untuk melakukan eksperimen dan berani mengambil resiko.”

Ditambahkan Ratna Julia, Human Resource atau Head of People Function Amar Bank, “Generasi milenial mendominasi SDM di Amar Bank. Oleh karenanya, kami berkomitmen untuk terus mengembangkan kemampuan seluruh karyawan dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam perkembangan karirnya juga perusahaan."

Lebih jauh ia menegaskan, Amar Bank juga percaya bahwa melalui budaya dan lingkungan kerja yang efektif dan dinamis serta sesuai dengan nilai-nilai yang diterapkan, yakni Speed, Dream Big, Customer Focus, Experimentation, Growth, and Fun, akan tumbuh semangat untuk terus berkembang dan maju bersama perusahaan.

Oleh karena itu, guna menghadirkan lingkungan kerja yang menginspirasi, Amar Bank melakukannya dengan menerapkan nilai-nilai yang dimiliki, salah satunya dengan melakukan Friday Session. Dijelaskan Head of Retail Credit Amar Bank Abraham Lumban Batu, setiap pekan, Amar Bank selalu mengadakan Friday Session dengan berbagai kegiatan, seperti skill sharing, book club, kevin’s game, birthday challenge, dan skit atau drama singkat tentang nilai-nilai yang ada di Amar Bank. "Melalui berbagai kegiatan tersebut, kami didorong untuk mampu menantang diri kami sendiri," ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)