Categories: News Trend

Upaya Bank DBS Menyuarakan Isu Keberlanjutan

Bank DBS Indonesia memiliki komitmen dalam menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua orang di setiap aktivitas bisnisnya. Komitmen tersebut diwujudkan dengan berbagai upaya dalam aspek bisnis hingga budaya keseharian yang dijalankan oleh Bank DBS Indonesia. Mulai dari berkolaborasi dengan berbagai pihak, budaya korporasi Bank DBS Indonesia, hingga salah satu pendekatan perbankan digital yang membuat semuanya menjadi bagian dari keberlanjutan.

Secara internal misalnya, Bank DBS Indonesia menyediakan pelayanan dokter dan paket stimulus alat kesehatan bagi karyawan untuk dapat beraktivitas secara aman dan sehat. Bank DBS Indonesia juga secara aktif menggelar program DBS Stronger Together Fund bersama Yayasan Benih Baik (Benihbaik.com) dan nasabah untuk mengumpulkan dana yang akan didonasikan kepada masyarakat berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan paket makanan.

Selain itu, Bank DBS Indonesia secara aktif menyuarakan isu keberlanjutan dan digitalisasi sebagai salah satu bentuk upaya dalam mewujudkan komitmennya. Antara lain, dengan menggelar berbagai program dan forum seperti Asian Insights Conference 2020 pada Juli lalu.

“Hal ini didasari oleh kesadaran Bank DBS Indonesia sebagai perusahaan yang bertanggung jawab yang senantiasa meningkatkan kesadaran tentang masalah sosial, lingkungan, dan keberlanjutan,” ungkap Head of Group Strategic Marketing and Communications, PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika.

Lebih jauh ia menjelaskan, upaya lain yang menjadi fokus Bank DBS Indonesia dalam menciptakan lingkungan dan bisnis yang berkelanjutan adalah bergerak bersama wirausaha sosial. Melalui DBS Foundation, Bank DBS Indonesia fokus dalam mendukung dan memajukan usaha sosial di Indonesia melalui berbagai program. Mulai dari edukasi, pendampingan, pelatihan bisnis, pendayagunaan, hingga pemberian dana hibah.

“Kami percaya wirausaha sosial merupakan masa depan bisnis, karena selain menjalankan bisnisnya, mereka juga mampu menciptakan dampak positif sekaligus menyelesaikan isu sosial yang terjadi di masyarakat dalam berbagai aspek. Kami juga menyadari bahwa memastikan keberlangsungan dan tumbuh kembang wirausaha sosial merupakan bagian dari tanggung jawab Bank DBS Indonesia guna memperkuat fondasi ekonomi sekaligus menyelesaikan isu sosial yang tengah dihadapi masyarakat,” yakin Mona.

Turut hadir dalam sesi “Walk the Talk” yang berfokus pada teknologi dan keberlanjutan ini, CEO & Chairman Gringgo Febriadi Pratama, yang fokus dalam mengembangkan circular economy.

“Kami melihat bahwa perilaku masyarakat belum menjadikan pengolahan sampah sebagai isu penting yang harus dihadapi. Di satu sisi, infrastruktur masih belum memadai untuk pengelolaan sampah yang baik. Untuk itu, kami menghadirkan teknologi yang dapat mempertemukan antara kebutuhan industri dan seusatu yang telah dihasilkan masyarakat. Dengan demikian, dapat tersalurkan dengan baik dan hanya menghasilkan sedikit sampah,” ucapnya.

Gringgo sebuah startup teknologi yang memberikan solusi terhadap isu keberlanjutan khususnya pengelolaan sampah dengan teknologi. Gringgo memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence dalam program pengelolaan sampah kepada masyarakat. Teknologi tersebut dimanfaatkan untuk membantu masyarakat dalam memilah sampah, mengukur berapa hasil sampah yang telah dikumpulkan, dan jenis sampah yang bisa didaur ulang sebagai bahan baku.

Sementara itu, sebelum pandemi, Ancora Foundation telah memanfaatkan teknologi dalam menyediakan akses beasiswa bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia secara virtual. Mulai dari proses pendaftaran hingga pemilihan kandidat yang akan menerima beasiswa.

“Pertama kali, kami mulai dari media sosial. Kini, berkembang dengan penggunaan teknologi yang mutakhir serta berkolaborasi dengan berbagai startup teknologi yang lainnya,” jelas Executive Director Ancora Foundation Ahmad Zakky Habibie.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

16 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

1 day ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

1 day ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

2 days ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

2 days ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

2 days ago