Upaya Blibli Mendukung Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

MIX.co.id - Platform eCommerce Blibli bersama Kementerian/Lembaga dan DANA menggelar webinar bertajuk “Keamanan Bertransaksi di E-commerce untuk Mendorong Inklusi Keuangan” pada awal Nocember ini (1/11). Pada kesempatan itu, hadir sejumlah pembicara seperti Associate Vice President Security Blibli Ricky Setiadi dan Andri Purnomo selaku Vice President of Information Security DANA.

Dijelaskan Ricky Setiadi, Associate Vice President Security Blibli, “Memaknai pelaksanaan Bulan Inklusi Keuangan 2021, Blibli melihat bahwa faktor keamanan sangat penting untuk membentuk kepercayaan pelanggan dalam melakukan transaksi. Untuk itu, Blibli terus menunjukan komitmennya dengan terus menjaga kenyamanan dan kepercayaan pelanggan dalam setiap transaksi dengan meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam menyediakan layanan pembayaran dan menjalankan cyber security secara berkesinambungan.”

Dengan upaya itu, Blibli berharap akan semakin banyak konsumen yang mendapat manfaat dari layanan pembayaran dan keuangan online dari Blibli yang mampu berkontribusi dalam membentuk ekonomi yang lebih inklusif bagi masyarakat.

Sementara itu, Bank Indonesia mencatat bahwa nilai transaksi eCommerce yang terjadi sepanjang kuartal pertama 2021 mencapai Rp 186,75 triliun atau tumbuh 63,36% Year-on-Year (yoy). Sejatinya, referensi masyarakat yang semakin memilih untuk belanja online berperan besar terhadap peningkatan tersebut.

Volume transaksi online sebesar itu pun perlu mendapat perhatian lebih untuk memastikan tiap pembayaran dilakukan secara sah sekaligus mengurangi potensi risiko yang dapat muncul menjadi seminimal mungkin. Dalam hal ini, Bank Indonesia selaku bank sentral telah meluncurkan Standar Nasional Open/API atau SNAP sebagai standardisasi API bagi seluruh penyelenggara sistem pembayaran online yang beroperasi di Indonesia, termasuk bank, fintech, marketplace, dan e-commerce.

Fakta itu juga disambut Blibli, dengan memastikan kepatuhannya dalam mengikuti tiap regulasi yang berlaku dalam melaksanakan transaksi online di dalam platformnya. Hal tersebut berlaku di setiap layanan pembayaran yang disediakan oleh Blibli, di mana Blibli saat ini memiliki lebih dari 20 opsi pembayaran, membuatnya menjadi e-commerce dengan metode pembayaran terlengkap di industri.

Berbekal ekosistem keuangan dan pembayarannya yang komprehensif, diakui Ricky, Blibli juga memaksimalkan kapabilitasnya untuk mendorong kontribusi perusahaan dalam menumbuhkan inklusi keuangan. Berbagai solusi inovatif yang telah dihadirkan Blibli dalam mendorong keuangan di Indonesia menjadi lebih inklusif antara lain dengan merilis Blibli PayLater, blu Digital Bank bersama BCA Digital, dan Kartu Kredit BCA Blibli Mastercard.

“Ke depan, Blibli akan terus mendorong lahirnya lebih banyak inovasi dalam mengembangkan sistem pembayaran di dalam platform kami, memperkuat keamanan tiap data, informasi, dan transaksi pelanggan, dan menjalin lebih banyak kolaborasi dengan para stakeholder terkait. Dengan begitu, Blibli dapat menegaskan posisinya sebagai e-commerce lokal yang mampu berkontribusi nyata dalam membentuk inklusi keuangan di tengah masyarakat. Hal ini sejalan dengan komitmen besar Blibli untuk memberikan layanan yang customer-centric dalam mengutamakan kepuasan pelanggan,” pungkas Ricky.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)