Upaya KOTRA Memperkuat Hubungan Indonesia-Korea Selatan

Tahun 2017, hubungan perdagangan Indonesia dan Korea Selatan kembali bergairah. Pada semester pertama tahun ini misalnya, Indonesia mengimpor produk dari Korea Selatan senilai US$ 3,9 miliar atau naik 18,2% dari periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, nilai ekspor Indonesia ke Korea Selatan menyentuh US$ 4,8 miliar di sepanjang satu semester tahun ini. Itu artinya, naik 20,7% dibandingkan dengan semester pertama tahun lalu.

Dekatnya hubungan Indonesia dengan Korea Selatan juga ditunjukkan dari tingginya nilai investasi negeri gingseng itu di Tanah Air. Ya, Korea Selatan masuk ke dalam daftar sepuluh negara terbesar yang menanamkan modalnya di Indonesia. Tepat berada di peringkat ke-6 sebagai negara investor utama, Korea Selatan menginvestasikan dana ke Indonesia hingga US$ 901 juta.

Diungkapkan DirekturJenderal Korea Trade Investment Promotion Agency (KOTRA) Kim Byung Sam, booming-nya penggunaan internet dan smartphone membuat masyarakat dari kedua negara tersebut mengenal lebih jauh satu sama lainnya. Ia mencontohkan bagaimana produk-produk Korea yang gencar dipromosikan melalui e-Commerce tampak direspon positif oleh pasar Indonesia.

“Produk makanan olahan, kosmetik, dan produk sehari-hari dari Korea Selatan berhasil menjaring konsumen Indonesia melalui pasar online lokal seperti Lazada, Elevenia, Tokopedia, dan sebagainya,” katanya.

Demikian juga dengan Indonesia. Diakuinya, Indonesia juga cukup popular di Korea melalui acara reality show “Youn’s Kitchen” pada awal 2017. Lewat program yang ditayangkan oleh TvN, masyarakat Korea melihat keindahan alam Lombok dan mengenal keramahan penduduk Indonesia. Alhasil, banyak orang Korea yang ingin berlibur ke Lombok ataupun wilayah lainnya. “Nasi goreng, sate, dan bir Bintang adalah menu yang wajib dicoba saat berkunjung ke Indonesia,” lanjutnya.

Berangkat dari kedekatan hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan, Kementrian Perdagangan Indonesia dan Kementrian Perdagangan, Industri, dan Energi Korea membentuk lingkaran kerja sama guna mencapai win-win solution antara kedua negara di bidang perdagangan dan investasi.

“Saya mewakili KOTRA, sebuah badan promosi investasi-perdagangan yang berada di bawah naungan Kementrian Perdagangan, Industri, dan Energi Korea bertugas menjadi penghubung antara pengusaha Indonesia dan Korea Selatan demi kelancaran perdagangan kedua negara. Di seluruh dunia, KOTRA memiliki 127 kantor perwakilan termasuk Indonesia yakni kantor perwakilan di Jakarta dan Surabaya,” jelasnya.

Untuk itu, guna meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia dan Korea, tahun ini KOTRA siap menggelar aktivasi bertajuk “Korea Brand & Entertainment Expo” (KBEE). Aktivasi yang digelar di Jakarta pada 4 dan 5 September mendatang itu dikemas dalam format expo dengan menghadirkan ratusan produk consumer goods terbaik dari Korea.

Selain itu, akan hadir pula sederet artis ternama asal Korea, seperti Song Ji Hyo, bintang Hallyu yang dikenal di Indonesia melalui program Running Man serta anggota dari grup Super Junior yang konsernya pernah dua kali dihadiri oleh Presiden Jokowi, yaitu Eun hyuk dan Dong Hae. “Akan ada beragam acara yang siap menghibur di acara tersebut, seperti pertunjukan, fan sign meeting, kegiatan Corporate Social REsponsibility, dan sebagainya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)