Upaya UC Browser Raih Posisi Nomor 2 di Dunia

UC Browser

UC Browser menjadi mobile browser paling populer nomer 2 di dunia berdasarkan market share

UC Browser – mobile browser milik Alibaba Group – mengklaim telah menjadi mobile browser nomor dua paling populer di dunia. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab menurut StatCounter – layanan analisa independen web traffic – UC Browser berhasil meraih pangsa pasar 16,82%. Selain itu, mobile browser ini juga berhasil meningkatkan pangsa pasar di luar negara asalnya, Cina, bahkan menguasai pangsa pasar di negara yang memiliki populasi pengguna internet yang sedang berkembang. Misalnya saja India yang nilai pangsa pasarnya mencapai 51,9%, 42,1 % di Indonesia, dan 31,7% di Pakistan pada periode September 2015.

Pertumbuhan di pasar luar Cina tersebut, kata YU Yongfu, President Alibaba Mobile Business Goup, secara signifikan mendorong UC Browser sehingga menjadi nomor dua di dunia. Menurutnya, hal tersebut tak lepas juga dari upaya mobile browser ini dalam menjangkau para pengguna baru lewat lokalisasi konten dan personalisasi.

“Menyediakan lokalisasi konten dan bermitra dengan penyedia konten tersebut telah mendorong jumlah download dan penggunaan browser ini,” ujarnya. Desember tahun lalu, UC Browser telah melewati titik 100 juta daily active user (DAU). Yongfu mengakui bahwa dengan pencapaian jumlah DAU tersebut, UC Browser berhasil meraih posisi yang sejajar dengan kelompok aplikasi populer seperti Facebook, Twitter, dan YouTube.

Kekuatan lain mobile browser ini, tambah Yongfu, terletak pada teknologi browsing yang diperkuat cloud – sistem yang memampatkan data hingga 60% - sehingga mampu memuat halaman lebih cepat dan menghemat data.

“Kami akan terus berupaya memberikan layanan-layanan mobile yang lebih mudah diakses, membantu meningkatkan dan membentuk-ulang gaya hidup mobile dari para pengguna kami di seluruh dunia,” tambahnya. Untuk terus meningkatkan pangsa pasarnya, di awal bulan ini, UCWeb meluncurkan UC Browser 10.7 untuk Android. Versi tersebut, menurut Yongfu, mampu memberikan pengguna kebebasan sepenuhnya untuk mengatur cara mereka menemukan dan mengakses konten web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)