Upaya Volkswagen Mengembalikan Kejayaannya di Indonesia

Sejak tahun 1952 Volkswagen (VW) secara resmi eksis di pasar otomotif Indonesia, akhirnya merek otomotif asal Jerman itu memutuskan untuk memproduksi kendaraannya di Indonesia. PT Garuda Mataram Motor, Agen Tunggal Pemegang Merek Audi dan Volkswagen di Indonesia, memutuskan untuk mengembangkan merek Volkswagen di Indonesia, salah satunya dengan membangun fasilitas produksi di Cikampek, Jawa Barat melalui anak perusahaan Indomobil lainnya, yaitu PT National Assemblers.

Dijelaskan Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor, pada awal Oktober ini (2/10), di Jakarta, “Pembangunan fasilitas produksi Volkswagen merupakan bukti komitmen kami untuk turut serta mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia dengan membangun fasilitas produksi Volkswagen di Indonesia."

Fasilitas produksi yang berdiri di tanah seluas 60.000 meter persegi itu diharapkan akan mampu memproduksi 6.000 unit Volkswagen setiap tahunnya, dengan fokus pertama pada Volkswagen Tiguan Allspace, sebuah mobil keluarga yang cocok untuk pasar Indonesia. "Sampai saat ini, kami sudah melakukan CKD untuk Tiguan Allspace lebih dari 450 unit. Target kami, sampai akhir tahun ini, bisa produksi Tiguan Allspace 800 sampai 1.000 unit, " patok Andrew yang menyebutkan bahwa Tiguan Allspace dibandrol dengan harga Rp 598 juta per unitnya.

Pada awal Oktober ini (2/10l), PT Garuda Mataram Motor juga telah menyerahkan unit Volkswagen Tiguan Allspace yang diproduksi di Indonesia kepada lima orang pembeli pertama. Unit VW Tiguan Allspace produksi Indonesia itu diserahkan oleh Andrew dalam suatu acara di hadapan sejumlah media di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta.

Penyerahan unit pertama VW Tiguan Allspace juga disaksikan oleh Minister President of Lower Saxony, Negara Bagian Jerman, Stephan Weil, yang juga merupakan Supervisory Board Volkswagen AG; Hendrik Barkeling, Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia; dan Thomas Zahn, Executive Director Sales International Volkswagen AG.

Diakui Andrew, Indonesia merupakan pasar yang cukup penting bagi Volkswagen di kawasan Asia Pasifik. Berbagai bentuk loyalitas dari konsumen dapat dilihat dari munculnya komunitas pecinta Volkswagen, serta berkembangnya konsumen baru yang menunjukkan ketertarikannya pada merek Volkswagen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)