Untuk keempat kalinya, Urban Sneaker Society (USS) kembali digelar di tahun ini. Salah satu event sneakers terbesar di Asia Tenggara itu akan diselenggarakan selama tiga hari, 8-10 November 2019 mendatang di District 8 SCBD, Jakarta. Tak kurang dari 35 ribu pengunjung ditargetkan pada USS 2019.
Dijelaskan Sayed Muhammad, CEO Urban Sneaker Society, setiap tahunnya, target pengunjung USS selalu bertumbuh. “Pada tahun 2017, USS digelar sebanyak dua kali, dengan jumlah pengunjung yang mencapai 14 ribu pada perhelatan pertama dan 15 ribu pada perhelatan kedua. Pada perhelatan ketiga, jumlah pengunjung mencapai 22 ribu,” ucapnya.
Di tahun ini, USS juga ditargetkan akan mencapai transaksi Rp 20 miliar. Guna mencapai target tersebut, sekitar 150 brand digandeng untuk berpartisipasi di USS 2019, dimana 80%-nya adalah brand lokal.
“Pada event kali ini, kami mengusung movement, Brand is Brand. Dengan movement itu, kami ingin menyampaikan pesan bahwa tak ada batasan antara brand internasional dan brand lokal. Oleh karena itu, di USS 2019, kami tidak membedakan zona brand lokal dan internasional. Semuanya berbaur menjadi satu,” ucapnya.
Oleh karena itu, USS juga akan merilis merch kolaborasi dengan berbagai macam brand, baik dari Indonesia maupun mancanegara. Di antaranya, akan ada rilisan kolaborasi eksklusif dengan Public Culture, FR2, Atmos, hingga Round 2 by Sean Wotherspoon. Termasuk, rilisan eksklusif dari Sepatu Compass, Patta, hingga G-Shock. Melengkapi kolaborasi itu, akan hadir juga puluhan sepatu grailed yang akan bisa didapatkan dengan harga retail, melalui sistem raffle.
Dijelaskan Jeffry Jouw, CMO Urban Sneaker Society Network, pada penyelenggaraan tahun ini, USS membagi area belanja menjadi empat jenis, Sneaker & Streetwear Brand Area, Thrifting Brand Area, Sneaker & Streetwear Market, serta Retailers Market. “Pembagian area ini sengaja dilakukan untuk memberikan opsi belanja yang lebih variatif untuk para pengunjung yang akan hadir ke USS 2019,” ucapnya.
Ditegaskan Jeffry, pada event kali ini, USS juga memberikan lebih banyak ruang untuk brand-brand asal negeri sendiri. “Kami melihat adanya tren yang positif dalam hal kualitas serta konseptual dari brand-brand lokal. Di event ini, kami ingin membuktikan kalau brand asal Indonesia punya kredibilitas yang cukup untuk bisa berkolaborasi dengan brand-brand dari luar negeri,” urainya.
Selain area belanja yang bervariasi, USS juga akan dimeriahkan dengan basketball competition by DBL, skate park by Converse, F&B market dari Traveloka Eats, hingga suguhan musik menarik dari musisi-musisi hiphop & RnB terbaik negeri, seperti Dipha Barus, Ramengvrl, Laze, Ariel Nayaka, dan masih banyak lagi. “USS 2019 diharapkan dapat menawarkan shopping dan music experience bagi pengunjung,” harap Jeffry.
Ditambahkan Senior VP Bank Mandiri Muhammad Gumilang, sebagai sponsor utama di USS 2019, Bank Mandiri menghadirkan penawaran menarik bagi para pengunjung yang didominasi oleh millennials atau anak muda. “Kami menawarkan end-to-end experience kepada para pelanggan maupun calon nasabah, seperti 50% diskon untuk tiket masuk, cash back Rp 1 juta setiap harinya, hingga tiekt raffle sepatu premium,” tutupnya.