Usai Tumbuh 90,6%, Ini Strategi yang Disiapkan Mitsubishi di 2022

MIX.co.id - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sukses mencatatkan pertumbuhan penjualan hingga 90,6% sepanjang 2021 jika dibandingkan dengan 2020. Merujuk data penjualan retail Gaikindo tahun 2021, penjualan kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencapai 104.407 unit sepanjang Januari hingga Desember 2021.

Dari total pencapaian tersebut, penjualan model kendaraan penumpang Mitsubishi (seperti Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV) mencapai 68.152 unit serta kendaraan niaga ringan (seperti Triton dan L300) mencapai 36.225 unit.

Sepanjang 2021, Mitsubishi juga berhasil meraih pangsa pasar yang cukup tinggi di sejumlah segmen. Pada segmen Small MPV, Mitsubishi melalui merek Xpander dan Xpander Cross berhasil meraih pangsa pasar 31%. Di segmen medium SUV, Mitsubishi melalui Pajero Sport berhasil meraih pangsa pasar 40%. Selanjutnya, di segmen Small Pick-up 4x4, Triton dari Mitsubishi berhasil memimpin, dengan pangsa pasar 57,6%. Sedangkan di segmen small Pick-up 4x2, L300 dari Mitsubishi juga berhasil memimpin dengan perolehan pangsa pasar sebesar 65%.

Pencapaian positif tersebut mampu memotivasi MMKSI untuk terus memberikan kontribusi positifnya di pasar otomotif. Dalam media gathering yang digelar secara virtual pada hari ini (17/3), Naoya Nakamura, President Director of PT MMKSI, menyampaikan, “Upaya MMKSI di tahun lalu terjawab dengan capaian penjualan yang positif. Hal ini memotivasi kami untuk meraih lebih baik lagi. Dan pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen.”

Tak hanya penjualan ritel kendaraan, dari sisi purnajual, Mitsubishi juga berhasil mendapatkan pencapaian positif. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan penjualan suku cadang yang naik sebesar 29% di 2021 jika dibandingkan dengan 2020. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi Mitsubishi untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.

Keberhasilan Mitsubishi 2021 tak lepas dari sejumlah strategi yang telah dilancarkan. Strategi pertama adalah menghadirkan berbagai inovasi untuk produk maupun layanan. Dari sisi produk, Mitsubishi telah menghadirkan New Pajero Sport, Xpander Rockford Fosgate Black Edition, Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, serta New Xpander dan New Xpander Cross.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk kontribusi dalam mempercepat perkembangan mobil listrik di Indonesia, Mitsubishi juga menghadirkan Minicab MiEV pada ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2021, sebuah kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

Untuk inovasi layanan, Mitsubishi tetap secara aktif memperluas fasilitas diler serta bodi dan cat di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, Mitsubishi juga menghadirkan MIRA (Mitsubishi Virtual Assistant) serta beragam inovasi pada fitur-fitur My Mitsubishi Motors ID (MMID).

Strategi kedua, Mitsubishi konsiten menggelar sejumlah inisiatif seperti Mitsubishi CSR Children Program (MCP), Mitsubishi CSR Education Program (MEP), dan Mitsubishi CSR Humanity Program (MHP). “Seluruh inisiatif ini merupakan salah satu langkah nyata Mitsubishi dalam mengejar ambisinya sebagai brand yang reliable dan dapat dipercaya oleh konsumen, serta memiliki kontribusi sosial kepada masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Lantas, bagaimana dengan rencana Mitsubishi di 2022, paska sukses meraih posisi tiga besar di 2021 lalu? Dijawab Nakamura, “Sebenarnya, ekspektasi Mitsubishi tidak mencapai rangking 1, 2, atau 3. Sebab, pencapaian rangking berkat kepuasaan pelanggan, di mana di 2021, kami berhasil meningkatkan kepuasan produk dan meningkatkan jangkauan ke konsumen. Oleh karena itu, di 2022, misi kami adalah memberikan produk terbaik dan pelayanan terbaik serta kepuasan pelanggan yang terbaik.”

Itu sebabnya, setelah memperkenalkan beberapa perkembangan fitur pada aplikasi MMID tahun 2021 lalu, pada tahun ini, Mitsubishi akan memonitor dan melakukan pengembangkan serta perbaikan pada seluruh inovasi yang telah dihadirkan sebelumnya. Dengan demikian, konsumen dapat merasakan manfaat dari kemudahan layanan yang ditawarkan Mitsubishi.

Selain itu, Mitsubishi juga akan terus melakukan perluasan akses. Salah satunya, dengan membuka official store spare part Mitsubishi Motors di beberapa e-commerce. Upaya itu ditujukan agar konsumen dapat dengan mudah melakukan transaksi tanpa harus merasa khawatir, karena spare part yang disediakan sangat terjamin kualitas serta keasliannya.

“Yang paling penting dalam bisnis Mitsubishi, kepuasan konsumen sangat diutamakan. Oleh karena itu, di tahun 2022, kami akan lebih fokus untuk memberikan apresiasi untuk konsumen yang telah memberikan kepercayaannya, meskipun dalam situasi yang sulit,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)