W20 Summit: Mustika Ratu Dukung Peran Perempuan Tingkatkan Sektor Bisnis

MIX.co.id – PT Mustika Ratu Tbk mendukung penyelenggaraan event global W20 Summit “Recover Together Equally” yang berlangsung baru-baru ini di Hotel Niagara Parapat, Simalungun, Sumatera Utara.

Melalui event W20 Summit, Mustika Ratu mempresentasikan kemajuan dan peran perempuan di sektor bisnis, serta meningkatkan posisi kepemimpinan perempuan di sektor swasta.

Hal ini terbukti dengan kemajuan perusahaan yang dikelola oleh sekitar 63% dari karyawan PT Mustika Ratu Tbk merupakan kaum perempuan, mulai dari tingkatan direksi sampai staf karyawan.

Presiden Direktur Mustika Ratu, Bingar Egidius Situmorang, mengungkapkan jumlah karyawan perempuan yang menduduki level manager pada tahun 2021 berjumlah 38 orang (28 %). Pada tahun 2022, jumlahnya bertambah jadi 87 orang (52%).  Kepemimpinan perempuan di perusahaan naik secara pesat sebesar 24 % dalam setahun.

“Mustika Ratu percaya bahwa perempuan memiliki kemampuan yang sama dalam memimpin dan mengelola organisasi,” ujarnya dalam rilisnyang diterima redaksi pada Rabu (27/7), di Jakarta.

Women-20 (W20) merupakan bagian dari Group of Twenty (G20) yang dibentuk oleh kesadaran para pemimpin negara anggota G20 akan pentingnya partisipasi perempuan dalam pembangunan ekonomi global dan isu kesetaraan gender.

Acara diinisiasi oleh W20 Indonesia bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di dukung oleh Mustika Ratu.

“Mustika Ratu menjadi 1 diantara 60 perusahaan di Indonesia dan 1 diantara 4637 perusahaan di dunia yang tergabung dalam Women’s Empowerment Principle (WEPs),” timpal Direktur Mustika Ratu yang juga Wakil Ketua Komite Tetap Ekonomi Kreatif (nonkuliner) KADIN Indonesia, Kusuma Ida Anjani.

Dijelaskan Anjani,  WEPs adalah sekumpulan prinsip yang menawarkan panduan untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di tempat kerja, marketplace, dan komunitas yang didirikan oleh UN Global Compact dan UN Women.

Beragam produk inovasi dihasilkan kaum perempuan, seperti  produk jamu dan kosmetik Mustika Ratu yang ditampilkan pada event W20 Summit sebagai produk asli Indonesia yang bahan bakunya mengambil langsung dari petani lokal dengan melibatkan UMKM Perempuan.

Di event W20 Summit ini Mustika Ratu menghadirkan jamu modern Ready to Drink (RTD) sebagai jamu inovatif dengan Ultra High Technoogy (UHT) pertama di Indonesia dengan varian rasa Gula Asam, Kunir Asam, dan Beras Kencur. Termasuk produk kosmetik Beauty Queen Mustika Ratu yang terbuat dari bahan alami sebagai icon brand makeup yang memberikan kecantikan paripurna perempuan Indonesia.

“Para delegasi W20 Summit sangat menyukai produk produk asli yang berbasis budaya dan kearifan lokal Indonesia,” papar Anjani.

Event W20 Summit merupakan peluang yang potensial bagi Mustika Ratu untuk membuka pasar ke mancanegara. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)