Warung Pintar Bertransformasi Jadi Warung Pintar Group

Warung Pintar mengumumkan transformasinya menjadi Warung Pintar Group dengan menghadirkan solusi ekosistem bisnis mikro paling lengkap untuk mengintegrasi seluruh pemain dalam ekosistem warung.

Langkah tersebut diambil sebagai upaya memperkuat perannya di tengah pandemi dan mempersiapkan akselerasi ekonomi Indonesia pasca pandemi.

CEO Warung Pintar Group, Agung Bezharie Hadinegoro, menjelaskan bahwa pihaknya tidak dapat tumbuh sendiri untuk dapat memberikan solusi digital yang lebih terintegrasi bagi warung. Untuk mendapatkan transparansi dan meningkatkan efisiensi bisnis warung, seluruh ekosistemnya pun perlu terintegrasi.

“Itulah yang membuat Warung Pintar Group mendigitalisasi seluruh ekosistem untuk memberikan dampak yang jauh lebih signifikan,” ujarnya pada acara press conference virtual yang diadakan Rabu (7/7) di Jakarta.

Agung menambahkan, solusi digital Warung Pintar Group dirancang sebagai kekuatan fundamental yang sangat dibutuhkan untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi yang lebih signifikan di dalam salah satu channel distribusi terbesar di Indonesia.

Berdasarkan hasil survei internal Warung Pintar Group, pada awal terjadinya pandemi Covid-19, sebanyak 93% pemilik warung mengalami penurunan penjualan hingga 28%. Di masa sulit ini, menjadi sangat penting semua pihak untuk saling bergotong royong dalam memulihkan kondisi Indonesia.

Warung Pintar Group saat ini memiliki empat solusi digital utama, yaitu Aplikasi Warung Pintar, Aplikasi Grosir Pintar, Warung Pintar Distribusi dan Bizzy Connect yang masing-masing bertujuan untuk secara strategis membantu penguatan kolaborasi antar jalur rantai pasok dari hulu ke hilir.

Aplikasi Warung Pintar semakin mutakhir dan telah digunakan oleh ratusan ribu pemilik warung aktif untuk memenuhi stok barangnya. Aplikasi ini juga memungkinkan pemesanan, pelacakan produk, hingga memantau kinerja warung.

Beberapa fitur yang melengkapi aplikasi Warung Pintar adalah Catatan Pintar (pencatatan transaksi digital), Iklan Pintar (pemasangan iklan brand untuk pemasukan tambahan warung), dan Komunitas Pintar (program pengembangan kapasitas pemilik warung berbasis komunitas).

Efisiensi warung meningkat hingga 40% berkat solusi digital Warung Pintar Group, dengan sejumlah keunggulan dalam hal efisiensi waktu, harga yang bersaing, hingga aliran pendapatan tambahan, seperti produk digital dan Iklan Pintar.

Saat ini Warung Pintar Group juga telah menggandeng lebih dari 600 mitra pengusaha grosir yang masing-masing melayani sekitar 200-300 pemilik warung yang tergabung dalam platform Grosir Pintar.

Aplikasi Grosir Pintar digunakan oleh toko grosir agar dapat terhubung langsung dengan ratusan pemilik warung dalam jarak 5 - 10 kilometer. Selain itu, para pengusaha grosir pun dapat menggunakan layanan Bisnis Pintar untuk pengadaan inventaris.

Sementara itu, lini bisnis Warung Pintar Distribusi yang telah hadir sejak awal Warung Pintar berdiri, sebagai solusi sistem pergudangan dan inventaris - mendukung distribusi beragam kebutuhan stok barang untuk pemilik warung.

Warung Pintar Group berhasil mencapai pertumbuhan 100 kali lipat sejak awal 2020 dari segi jumlah warung yang dilayani - dari 5.000 menjadi 500.000 yang artinya 1 dari 7 warung yang ada di Indonesia berada dalam jaringan Warung Pintar Group dengan 106.000 pengguna aktif yang melakukan transaksi setiap bulannya.

“Kami berkomitmen untuk terus gotong royong #TumbuhBareng warung, pengusaha grosir, distributor, brand, hingga nantinya #TumbuhBareng Indonesia,” tutup Andrew Mawikere, Presiden Warung Pintar Group. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)