Yogyakarta, Destinasi Terpopuler 2015

Menurut situs pencarian wisata di Asia Pasifik dan Timur Tengah, Wego, tren perjalanan domestik tahun ini meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu. Selain itu, Yogyakarta juga menjadi destinasi terpopuler tahun ini selama libur Lebaran, mengalahkan Bandung sebagai destinasi terpopuler di tahun lalu.

“Untuk libur Lebaran tahun ini, masyarakat Indonesia secara signifikan lebih banyak melakukan pencarian untuk perjalanan domestik dibandingkan internasional,” jelas Graham Hills, Managing Director Wego Indonesia. “Yogyakarta mengalahkan Bandung, destinasi terpopuler tahun lalu, dalam hal pencarian hotel. Hal ini menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi paling menonjol dengan peningkatan pencarian sebesar 78 persen dibanding tahun 2014,” imbuhnya.

Wego Indonesia "Tren perjalanan domestik tahun ini meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu."

Selama dua tahun berturut-turut, Bali sempat berada di peringkat pertama tujuan wisata domestik, namun tahun ini merosot di urutan empat, dikalahkan oleh pencarian tiket pesawat ke Yogyakarta yang meroket hingga 342 persen. “Pada penerbangan domestik, peringkat lima besar maskapai masih sama, namun masing-masing memperoleh jumlah pencarian hampir tiga kali lipat lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya,” tinjau Hills.

Terkait akomodasi, di tahun 2014, lebih dari separuh pengguna Wego dari Indonesia mencari akomodasi berbintang tiga, namun di tahun 2015 kami melihat pergeseran ke hotel-hotel yang lebih mewah. Pencarian tiket pesawat domestik terkonsentrasi pada pertengahan Juni. “Dan ketika tarif hotel rata-rata naik mendekati Lebaran, harga rata-rata tiket pesawat tahun ini justru lebih rendah sekitar 10 persen dibanding tahun sebelumnya,” lanjut Hills yang menyebut bahwa pencarian terbanyak tahun ini dilakukan melalui smartphone.”

Untuk destinasi internasional, Singapura tetap menjadi pilihan terpopuler untuk pencarian tiket pesawat. Lalu Thailand dan Cina—meliputi Bangkok, Hongkong, dan Beijing—berada di peringkat lima besar, meskipun mengalami penurunan sebesar 20 persen dibanding 2014.

“Penerbangan internasional juga mendapat jumlah pencarian lebih banyak. Perubahan paling menonjol terlihat pada Garuda Indonesia yang tahun lalu berada di posisi kelima, tahun ini naik ke posisi dua. Sementara Malaysia Airlines sudah tidak lagi meramaikan lima besar maskapai internasional terpopuler.”

Diungkapkan Graham bahwa Lebaran merupakan salah satu momentum terpopuler untuk melakukan perjalanan di Indonesia. Pertumbuhan angka pencarian menjelang Lebaran menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mulai beralih ke aplikasi smartphone Wego untuk mencari pilihan perjalanan terbaik.

Online travel agent adalah rekanan dominan Wego dalam berbisnis. Peningkatan signifikan dalam aktivitas perencanaan perjalanan ini juga merupakan kesempatan bagi maskapai dan hotel untuk mengembangkan bisnis mereka melalui strategi digital yang agresif, antara lain untuk memenuhi permintaan sepanjang tahun,” tutup Graham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)