2014, Market Size Cat Tembus Rp 15 Triliun

Seiring dengan pertumbuhan gedung dan hunian di Indonesia, pasar cat juga mengalami peningkatan. Menurut data MARS Indonesia, total nilai bisnis cat di Indonesia mencapai Rp 13,8 triliun. Tahun 2014 ini, pasar cat diprediksi menembus Rp 15 triliun. Dijelaskan Brand Strategy Marketing Avitex Andy Gusena, tak kurang dari 60 merek memperebutkan total bisnis di pasar cat Tanah Air. Semetara, dari total nilai bisnis tersebut, 60%-nya dikontribusi oleh jenis cat dekoratif.

Sekitar 60 merek cat memperebutkan total bisnis di pasar cat Tanah Air yang tahun ini diprediksi mencapai Rp 15 triliun, dimana 60%-nya dikontribusi oleh jenis cat dekoratif. Sekitar 60 merek cat memperebutkan total bisnis di pasar cat Tanah Air yang tahun ini diprediksi mencapai Rp 15 triliun, dimana 60%-nya dikontribusi oleh jenis cat dekoratif.

Sebagai salah hsatu pemain besar di industri cat, Avitex tak tinggal diam. Demi membesarkan bisnisnya, jelang Ramadhan ini, Avitex mengambil langkah re-positioning. “Re-positioning kami lakukan untuk menciptakan image Avitex yang lebih berkelas dengan kualitas yang lebih terjaga,” tambahnya.

Dalam rangkaian re-positioning itu, Avitex juga meluncurkan kampanye sekaligus iklan barunya dengan tagline “Avitex, Cat Kebanggaan Orang Hebat”. Dalam kampanye itu, Avitex mengedepankan empat profesi hebat yang selama ini menjadi influencer dalam keputusan pembelian cat. Keempat profesi itu adalah desain interior, arsitektur, kontraktor, dan tukang cat.

“Jika di luar negeri setiap orang mengecat sendiri rumahnya, maka di Indonesia orang meminta bantuan pihak lain untuk mengecat rumahnya. Tak mengherankan, jika influencer atau keputusan pembelian cat dapat dipengaruhi oleh pihak lain. Dalam hal ini, desain interior, arsitektur, kontraktor, dan tukang cat,” katanya.

Ditambahkan Andy, ada tiga faktor utama mengapa orang Indonesia mengecat rumahnya. Yaitu, adanya rumah baru, cat lama sudah kusam, dan adanya momentum—Lebaran misalnya. Oleh karena itu, selain melakukan re-positioning, Avitex juga siap mengelar aneka promosi jelang Ramadhan tahun ini.

“Avian sangat memahami selera konsumen Indonesia terkait dengan kebutuhan cat berkualitas. Untuk itu, di tengah menjamurnya produsen cat yang menawarkan ratusan warna, kami selektif menawarkan 80 pilihan warna yang memang benar-benar sesuai dengan selera konsumen Indonesia,” ungkap Christian Handriono, Event & Promotion Manager PT Avia Avian—produsen Avitex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)