Categories: Marketing Update

Bisnis Layanan Digital XL Tumbuh 50%

Di bawah komando Dian Siswarini, Wakil Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk (XL) yang diangkat pada awal tahun 2015 lalu, XL telah siap menghadapi persaingan dan tantangan di tahun ini. Mulai dari peningkatan dan pencapaian target penjualan dan revenue, peningkatan kualitas pengalaman pelanggan (customer experience), peningkatan kapasitas menuju era teknologi 4G, serta menjaga shareholders value, menjadi agenda utama XL memenangkan persaingan.

Lewat layanan 4G yang baru saja diluncurkan, tahun ini XL juga telah mempersiapkan sejumlah produk andalan, terutama produk layanan digital yang selama ini sudah ada. “Kami akan memperkuat dan perbanyak lagi produk layanan digital, sehingga nantinya akan banyak inovasi bisa dinikmati oleh pelanggan,” ungkap Dian dalam siaran pers yang diterima MIX.

Dian menambahkan, sebagai operator kedua terbesar di Indonesia, XL akan tetap mengalokasikan dana belanja modal untuk membangun dan memperluas jaringan agar dapat melayani masyarakat secara lebih luas. Menurut Dian, pada 2015 ini, XL berencana mengalokasikan investasi yang tidak berbeda jauh dengan nilai investasi di tahun-tahun sebelumnya, yang sebagian besar akan dialokasikan untuk mendukung bisnis layanan data.

Bicara soal layanan digital, XL masih akan fokus pada penyediaan berbagai layanan digital, termasuk juga value added services (VAS) yang variatif dan inovatif. Sejumlah layanan digital yang terus dikembangkan oleh XL antara lain mencakup XCloud, Mobile Advertising, Mobile Content, juga Digital Entertaiment. Tidak ketinggalan, juga ada layanan XL Asuransi M2M, serta XL Tunai (M-Payment).

Diakui Dian, Layanan-layanan tersebut terbukti mendapatkan respon yang positif dari pelanggan dan masyarakat. Dalam satu tahun terakhir ini misalnya, bisnis layanan Digital Services XL mengalami pertumbuhan sekitar 50% dan telah melayani lebih dari 1.000 pelanggan korporat, serta didukung oleh lebih dari 10.000 mitra kerja.

Kinerja positif dari layanan digital XL sejalan dengan performa bagus dari layanan internet yang telah diraih XL. Hingga kuartal ketiga tahun 2014 contohnya, pelanggan layanan internet XL tembus sekitar 31,2 juta atau 53% dari total 58,3 juta pelanggan. Sementara itu pelanggan XL yang telah menggunakan smartphone, saat ini telah mencapai sekitar 14,6 juta pelanggan.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

23 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

23 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

2 days ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

2 days ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

2 days ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago