Digital Marketing

DekaInsight Shopper Behavior: Online Shopping Dominan Untuk Tiket Perjalanan dan Hotel

Dalam enam bulan terakhir hanya tiket perjalanan (kereta, pesawat, bus), voucher hotel, tiket sinema, mainan (toys), dan jam tangan yang penjualannya lebih banyak terjadi via online ketimbang offline. Temuan ini terungkap dalam survei tentang Shoppers Behavior in Omnichannel Era in Indonesia 2019 yang diselenggarakan oleh DekaInsight kepada 1.169 responden di delapan kota di Indonesia (yang meliputi kawasan Sumatera, Banten dan Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Nusatenggara, Sulawesi dan Kalimantan)\ pada Agustus 2019.

Sementara itu, di 12 kategori produk lainnya yang disurvei, shopper lebih banyak berbelanja offline alias datang langsung ke toko ketimbang belanja online. Ke-12 kategori produk tersebut adalah beauty & personal care (sabun mandi dan sampo, kosmetik, obat dan vitamin tanpa resep), fashion (baju dan sepatu), elektronik (handphone dan televisi), groceries (sayuran dan buah-buahan, serta susu), hobi (buku), dan perlengkapan bayi (popok bayi dan susu bayi/anak-anak).

Fakta menarik berikutnya, Traveloka ternyata menjadi online travelling services pertama yang dituju para shopper untuk membeli tiket perjalanan (kereta, pesawat, dan bus) serta voucher hotel secara online. Online travelling services kedua yang menjadi tujuan para shopper tiket perjalanan adalah tiket.com (kecuali untuk tiket kereta yang langsung ke online channel PT KAI dan tiket bus yang menuju BukaLapak).

Sementara itu untuk belanja kategori produk beauty and personal care, serta fashion, meskipun shopper pada umumnya masih berbelanja secara offline, yang berbelanja online pada umumnya mengunjungi online shop Shopee.

Pertanyaan berikutnya, ke mana para shopper berbelanja offline? Selain ke minimarket Alfamart dan Indomaret, mereka datang ke Electronic City (untuk pembelian peralatan elektronik), Matahari (untuk produk fahion), pasar tradisional (untuk sayuran dan buah-buahan), atau langsung datang ke gerai brand yang bersangkutan (seperti Wardah).

Khusus tentang belanja online, survei ini menunjukkan bahwa mereka pada umumnya menggunakan JNE sebagai kurir, dan masih memakai metode pembayaran cash on demand (COD). Akan halnya tentang metode pembayaran, OVO dan GoPay sebagian besar dipakai untuk pembayaran online ride hail. Sedangkan Dana kebanyakan dipakai untuk pembayaran belanja di restoran.

Lis Hendriani

Recent Posts

XL Axiata Turut Sukseskan World Water Forum Ke-10

MIX.co.id - XL Axiata berpartisipasi dalam mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum…

24 hours ago

Skincara Gelar Festival Produk Kecantikan Asal Korea dan Jepang

MIX.co.id - Skincara berkolaborasi dengan Lippo Mall Puri dan Guardian menggelar "Skincara SPF++ Festival", pada…

1 day ago

Gandeng Sarinah, YDBA Gelar Bazar bagi 50 UMKM Binaan

MIX.co.id – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkomitmen memandirikan Usaha Mikro Kecil dan…

1 day ago

Daikin Targetkan 500 Peserta di Program “Daikin Proshop Designer Awards 2024”

MIX.co.id - Daikin Airconditioning Indonesia kembali meluncurkan program “Daikin Proshop Designer Awards 2024” (DDA), pada…

2 days ago

Jelang Liburan Musim Panas, Vietjet Gelar Program Promo untuk Pelanggan dan Wisatawan

MIX.co.id - Memasuki liburan musim panas, Vietjet menghadirkan program consumer promo untuk para pelanggan loyal…

2 days ago

Grand Rakata Residence Hadirkan Klaster Premium Bergaya Skandinavia

MIX.co.id - Pengembang perumahan di kota Cilegon-Banten yang merupakan unit bisnis dari PT Krakatau Sarana…

2 days ago