Categories: Marketing Update

Genjot Penetrasi Smartphone, Telkomsel – Samsung Berkolaborasi

Juni 2014 ini, Telkomsel resmi menjalin kerja sama strategis dengan Samsung dalam rangka memperkuat kolaborasi dari sisi produk, aktivitas pemasaran dan program penjualan. Selain itu, objektif utama kerja sama ini juga untuk meningkatkan penetrasi smartphone di Indonesia yang selanjutnya dapat memperkaya pengalaman dan menambah kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan digital dan mobile data.

Resmi menjalin kerja sama, Telkomsel dan Samsung perkuat penetrasi smartphone.

Dikatakan Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnston, “Selain untuk memperkuat bisnis kedua belah pihak, kerja sama ini juga sebagai upaya kami mengedukasi pelanggan dari yang pengguna feature phone menjadi smartphone user. Untuk itu, kami utamakan kerja sama bundling untuk produk smartphone Samsung yang harganya di bawah Rp 2 juta, dan terutama menyasar first 3G network user.”

Sementara, Vice President IT & Mobile Business Samsung, Andre Rompis mengungkapkan, tahun lalu pangsa pasar mobile phone masih didominasi feature phone 70%, sementara smartphone hanya 30%. Namun sampai Mei 2014, pangsa pasar smartphone diyakini sudah 50%. Menurutnya, hal ini terjadi selain karena kemajuan teknologi, tetapi semakin luasnya fungsi ponsel bagi konsumen.

“Kenaikan pangsa pasar smartphone di Indonesia dikarenakan adanya perubahan kebutuhan konsumen dalam menggunakan ponsel. Sekarang ponsel bukan sekedar untuk komunikasi, tapi fungsinya jadi luas, mulai dari informasi hingga produktivitas. Sebagai contoh, sekarang makin banyak yang bisnis lewat social media. Oleh karena itu, kami tertarik bekerja sama dengan Telkomsel untuk memberantas ‘buta internet’,” ujar Andre.

Selain menyasar pengguna feature phone dan smartphone user, Telkomsel dan Samsung juga menggelar program bundling untuk produk tablet, antara lain Galaxy Tab 4 dan Galaxy Tab S. Hal ini mengingat, pasar tablet juga tinggi di Indonesia, dan penggunanya tidak hanya dari kalangan profesional, tetapi juga anak-anak.

Berkaitan dengan bulan Ramadhan tahun ini, Telkomsel dan Samsung juga mengadakan kerja sama produk dan pemasaran dengan tema religius. Untuk setiap pembeli smartphone Samsung dan menggunakan aplikasi islami Salaam di Google Playstore, akan dipilih sepuluh pelanggan Telkomsel yang akan diberangkatkan Umroh ke Tanah Suci.

Demi mendorong awareness kerja sama ini, pada tanggal 19-22 Juni 2014, Telkomsel dan Samsung akan berkolaborasi dalam Samsung GALAXY S5 relaunch event di Mall Central Park, Jakarta. Untuk menarik pengunjung, akan ada beragam program promo diantaranya program trade in, program cash back dan cicilan 0% hingga 12 bulan.

Marina Silalahi

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

23 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

23 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

2 days ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

2 days ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

2 days ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago