Honda Mobilio Kuasai 22% Pangsa Pasar LMPV

Sepanjang tahun 2014, penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) tumbuh hingga 174% dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu dari 91.493 unit (2013) menjadi 159.147 unit (2014). Selain meraih petumbuhan tertinggi dibanding lima merek otomotif besar lainnya di Indonesia, pertumbuhan penjualan tersebut sekaligus mengantarkan HPM ke posisi ketiga di pasar otomotif nasional, naik dari posisi kelima di tahun 2013. Pangsa pasar HPM secara nasional juga tumbuh, dari 7,4% di akhir tahun 2013 menjadi 13,2% di akhir tahun 2014.

Honda Mobilio Meluncur di tahun 2014, Honda Mobilio berhasil meraih respon positif konsumen, dan mampu menguasai 22% pangsa pasar segmen LMPV nasional.

Kontribusi penjualan terbesar HPM tahun lalu datang dari kelas low multi-purpose vehicle (LMPV), yaitu Honda Mobilio, yang secara resmi diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Sepanjang tahun 2014, Honda Mobilio berhasil terjual sebanyak 79.288 unit, dan menguasai 22% pangsa pasar LMPV nasional.

Ekspansi pasar yang kami lakukan, khususnya di kelas LMPV dengan memperkenalkan Honda Mobilio, terbukti sukses mengangkat penjualan Honda di tengah kondisi pasar otomotif nasional yang cenderung stagnan di tahun 2014 lalu,” ujar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor.

Setelah Honda Mobilio, Honda Brio juga masih bersinar sepanjang tahun 2014. Seperti Honda Brio Satya, berhasil menjadi penyumbang terbesar kedua dengan total penjualan sebesar 26.683 unit di tahun 2014. Varian Honda di kelas LCGC ini meraih pangsa pasar sebesar 16% di kelasnya. Sementara, New Honda Brio berhasil menjadi market leader di kelas City Car dengan total penjualan sebesar 12.010 unit di tahun 2014, dan menguasai 27% pangsa pasar di kelasnya.

Di kelas Hatchback, HPM masih diperkuat varian andalannya Honda Jazz yang model terbarunya diluncurkan pertengahan 2014 lalu. Sepanjang tahun 2014, Honda Jazz terjual sebanyak 22.329 unit, dan masih bertahan sebagai market leader di segmen Hatchback dengan penguasaan pasar sebesar 39% di kelasnya.

Di tahun 2015 ini, HPM kembali memperluas ekspansi pasar. Selain melakukan penyegaran terhadap beberapa variannya, HPM juga menghadirkan Honda HR-V yang merupakan model Crossover Utility Vehicle (CUV) pertama Honda di Indonesia. “Dengan produk baru kami di tahun 2015, seperti New Honda CR-V yang baru diluncurkan di awal tahun 2015 ini, serta Honda HR-V yang akan mulai dikirim ke konsumen di akhir Januari ini, kami percaya dapat meneruskan tren penjualan yang positif bagi Honda,” pungkas Jonfis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)