Setelah launching seri Five di awal November lalu, Lenovo kembali ramaikan pasar smartphone Indonesia. Kali ini, dengan menggandeng Guvera dan Telkomsel, Lenovo meluncurkan smartphone A series yakni tipe Muszik A319 yang diperkenalkan pada Selasa (11/10). Lewat taglinesmartphone harga asik, buat yang gila musik, Lenovo Muszik A319 diposisikan sebagai smartphone harga terjangkau yang eksklusif menawarkan aplikasi musik dan menyasar kaum muda pengguna android pertama kali.
“Yang membedakan Lenovo Muszik dengan produk lain di kelasnya adalah music story, dimana di dalamnya itu pelanggan bisa langsung experience download musik legal dari Guvera, didukung dolby digital sehingga menghasilkan suara yang bagus,” ujar Miranda Vania Waroka, Marketing Manager MIDH Lenovo Indonesia.
Menurut Miranda, aktivitas marketing komunikasi untuk produk tipe Muszik akan lebih digiatkan di channel program. “Karena di bawah harga 1 juta, dimana harganya cukup terjangkau, kami tidak melakukan marketing above the line, tetapi lebih fokus ke channel program. Distributor resmi kami, Trikomsel akan menawarkan lebih banyak program sales promo baik cicilan maupun benefit lainnya,” ungkapnya.
Kontribusi A series, lanjutnya, diharapkan mencapai 30% dari total Lenovo smartphone. Oleh karena itu, Lenovo giat meluncurkan produk A series. “Dari segi produk yang dirilis, itu memang lebih banyak A series atau affordable. Maksud affordable itu tidak selalu harga rendah, tetapi ada mid to low. Jadi mungin nanti ke depannya lebih tebal pangsa yang tengah dan bawah,” imbuhnya.
Kendati demikian, menurut Miranda, Lenovo Indonesia akan fokus membangun brand (brand building) dengan smartphone Lenovo Five-series. “Kami berharap tahun depan, smartphone Lenovo akan menjadi top three di Indonesia. Makanya kami akan fokus dua hal, untuk quantity, kami memang banyak meluncurkan S dan A series. Sementara untuk brand building, itu lewat Five series,” pungkasnya.