Astra Green Company "Best of the Best Socially Business Practice"

Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018

PT Astra International Tbk baru saja menyabet penghargaan “Indonesia Green Companies 2018” dari Majalah SWA. Penghargaan ini tak lepas dari komitmen Astra terhadap sistem manajemen lingkungan yang selama ini telah diterapkan perusahaan, melalui inisiatif bertajuk Astra Green Company.

Astra juga tercatat meraih Peringkat Biru, Hijau, dan Emas untuk penilaian kinerja lingkungan pada PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penilaian PROPER berbasiskan kepatuhan dan upaya beyond compliance.

Dan kini berdasarkan penilaian juri pada Indonesia's Best Corporate Social Initiatives 2018 award yang diselenggarakan Majalah MIX MarComm, Astra Green Company meraih penghargaan Best of The Best untuk kategori Business Practices.

Astra Green Company merupakan sistem manajemen Lingkungan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (LK3). Program tersebut juga untuk memantau pencapaian kinerja perusahaan terhadap pemenuhan berbagai persyaratan pengelolaan K3 dan lingkungan di tempat kerja, termasuk peraturan perundangan dan standard nasional maupun internasional.

Melalui inisiatif sosial tersebut, Astra menerapkan Sustainable Consumption and Production (SCP) pada proses produksi dan operasional. Pada 2017, Astra menetapkan target penurunan intensitas penggunaan sumber daya alam sebesar 2,5% per satuan produk dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Astra secara terus menerus juga melakukan perbaikan dan inovasi untuk meningkatkan efesiensi dan optimalisasi penggunaan material dan sumber daya alam serta energi dan mengurangi limbah dengan melakukan pendekatan Gugus Kendali Mutu.

Terkait Konservasi Energi, Astra juga telah mengembangkan Astra Green Energy (AGEn), yaitu panduan bagi perusahaan Grup Astra dalam melakukan manajemen dan audit energi yang dirancang berdasarkan ISO 50001-Energy Management System dan ISO 50002-Energy Audit.

Melalui inisiatif konservasi energi yang terstruktur, Astra terbukti berhasil meningkatkan efisiensi, menurunkan biaya, dan secara tidak langsung mengurangi emisi gas rumah kaca. AGEn diterapkan oleh satu anak usaha Astra—yaitu PT Pamapersada Nusantara (PAMA), di seluruh lokasi operasinya, terutama untuk mengurangi pemakaian solar yang merupakan 40% biaya operasional. Selain itu, PAMA juga memanfaatkan tenaga surya untuk operasi alat-alat pendukung lainnya, seperti mobile tower, lampu penerangan jalan, rambu lalulintas, dan beberapa control room.

Inisiatif sosial Astra Green Company di PAMA lewat program AGEn pada 2016-2017 sukses mencatat penghematan di segala lini, antara lain, penghematan bahan bakar solar sebesar 72,6 juta liter, pencegahan emisi Gas Rumah Kaca mencapai 194,515 ton CO2 eq.

Selain itu, Astra juga mmapu melakukan penurunan penggunaan air per produk sebesar 22,9%, penggunaan pelumas per produk yang turun 9,2%, penurunan limbah cair B3 per produk yang turun sebesar 5,4%, penurunan intensitas konsumsi energi sebesar 7,7%, penurunan limbah cair non B3 per produk sebesar 9,5%, penurunan limbah padat B3 per produk sebesar 1,9%, dan penurunan limbah padat Non B3 per produk yang mencapai 28%. Total nilai penghematan yang berhasil dilakukan Astra mencapai Rp 580,64 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)