Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018
Pada Juli 2017 lalu, Wahana Visi Indonesia (WVI) kembali melanjutkan program kampanye #BeraniMimpi yang sudah dilakukannya pada 2016. Program #BeraniMimpi merupakan sebuah kampanye sosial yang menggabungkan konsep crowdfunding dengan konsep voluntourism, dan kombinasi antara Volunteering dan Tourism.
Konsep crowdfunding ini dilakukan melalui kompetisi galang dana online melalui portal www.beranimimpi.id. Sedangkan konsep voluntourism ditawarkan sebagai hadiah bagi tiga pemenang kompetisi atau yang berhasil menggalang dana terbanyak agar mereka dapat menikmati keindahan alam Papua sekaligus merasakan indahnya berinteraksi dan berbagi cerita, pengalaman, ataupun keahlian dengan anak-anak di sana bersama salah satu ambassador #BeraniMimpi, yaitu penyanyi Eva Celia.
Kompetisi ini merupakan bagian dari kampanye #BeraniMimpi, yang merupakan kampanye tahunan WVI sejak 2016. Waktu yang diperlukan untuk penggalangan dana hanya selama 30 hari. Dana yang terkumpul dari kompetisi galang dana ini akan digunakan untuk pembangunan honai belajar dan tiga fasilitas sanitasi/toilet di tiga sekolah di desa Sapalek, distrik Napua, Papua.
Perjalanan voluntourism ini dilaksanakan pada 14 hingga 18 Agustus 2017, sehingga seluruh pemenang dan Eva Celia memperingati Kemerdekaan Indonesia bersama adik-adik dari Papua. Kampanye ini terlaksana atas kerjasama Wahana Visi Indonesia dengan Campaign.com yang didukung oleh Kitabisa.com. Kampanye ini juga didukung oleh lima campaign ambassador dari berbagai profesi, yaitu penyanyi Eva Celia, aktris Chelsea Islan, model Firrina Sinatrya, penyanyi Monita Tahalea, dan travel blogger Febrian.
Program ini berhasil mengumpulkan total donasi Rp 799.826.089 from 67 fundraisers dan 814 donors. Dengan totalbudget Rp119.334.160, program berhasil mencapai newsvalue Rp 10.636.400.000 dengan totalcoverages 279 (17 print media, 262 online coverages).