MIX.co.id - Program cause related marketing (CRM) Unilever ini diluncurkan menjelang ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75, di tengah pandemi covid-19 yang masih mencekam. Memanfaatkan Pepsodent sebagai brand payung program, Unilever menyasar para pemulung, pejuang sampah yang berperan nyata dalam membantu mengurai permasalahan sampah plastik sehari-hari.
Untuk mendukung program tersebut, Unilever meluncurkan Pepsodent edisi Spesial Merah Putih dengan desain kemasan bergambar pahlawan senyum yang melambangkan persatuan bangsa Indonesia. Varian ini hadir dengan kemasan ramah lingkungan dan bijak plastik, di mana 100 persen kemasan karton maupun tube-nya dapat didaur ulang.
Pemulung menjadi sasaran utama program karena mereka sangat terdampak dalam pandemi. Melalui kolaborasi dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), Pepsodent mendonasikan 2,5 persen laba penjualan Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan para pemulung dan keluarganya.
Selain melalui pembelian produk, konsumen juga dapat berdonasi melalui Kitabisa.com, yang digandakan dua kali lipat oleh Pepsodent. Bantuan yang terkumpul disalurkan dalam bentuk paket kesehatan dan kebersihan, terdiri dari alat perlindungan diri seperti masker kain dan sepatu boots serta hand sanitizer. Sebagai langkah lanjutan, Pepsodent juga memberikan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut gratis untuk para pemulung dan keluarganya.
Tak hanya dari sisi kesehatan, untuk membantu kesejahteraan para pemulung, Pepsodent juga menyediakan sejumlah mesin press sampah plastik untuk membantu meningkatkan nilai ekonomis sampah plastik yang dijual pemulung pada para pengepul sampah. (bin)