Koperasi untuk Masyarakat AUSTINDO NUSANTARA JAYA "Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives 2021" Responsible Business Practices Category

MIX.co.id - Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar wilayah perusahaan, PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) membentuk beberapa koperasi di Papua Barat. Wilayah tersebut jauh dari akses perbankan. Bank terdekat berjarak lebih dari 90km dengan kondisi jalan buruk, sehingga biaya transportasinya bisa mencapai Rp 2,5 juta untuk sekali jalan.

Koperasi Simpan ANJ menyediakan akses ke layanan perbankan yang aman, murah, dan cepat, baik untuk karyawan internal maupun masyarakat setempat.  Koperasi ini didirikan tahun 2018 dengan nama Koperasi Papua Sejahtera Mandiri di PPM (Permata Putra Mandiri – anak usaha ANJ) dan Koperasi Mandiri Tunas Karya di PMP (Putra Manunggal Perkasa).

Selama beberapa tahun terakhir, Koperasi Simpan ANJ tumbuh secara eksponensial. Dalam satu tahun saja, layanan transfer meningkat lebih dari tiga kali lipat dengan total dana transfer tahunan lebih dari Rp 27 miliar.

Pada 2020, koperasi berhasil mengumpulkan modal memadai untuk membuka toko serba ada yang menyediakan barang-barang dengan harga terjangkau. Toserba ini mulai beroperasi pada bulan Mei di PPM dan pada September di PMP. Dengan demikian, Koperasi Simpan yang didirikan ANJ sekarang tidak melulu menyediakan layanan keuangan yang diperlukan, tetapi juga menyediakan barang-barang rumahtangga dengan harga terjangkau bagi karyawan, masyarakat, dan kontraktor.

Sementara itu, Koperasi Transportasi ANJ dibentuk pada 2019 untuk tiga komunitas di PPM dan PMP di Papua Barat. Koperasi Transportasi dimulai dengan lima truk untuk mengangkut tandan buah segar, pupuk, dan bahan bangunan dengan tujuan memberikan layanan transportasi kepada perusahaan serta menjadi peluang mata pencaharian baru bagi masyarakat sekitar.

Sejauh ini, Koperasi Transportasi telah menghasilkan pendapatan yang cukup untuk menopang biaya sekolah dan beasiswa bagi pelajar, sehingga semakin menunjukkan nilai koperasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian. (bin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)