#SelangkahLebihHijau SUPER INDO "Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives 2021" Responsible Business Practices Category

Sebagai wujud dari komitmennya menuju bisnis yang lebih bertanggung jawab, Super Indo menegaskan melalui berbagai inisiatif, dimana salah satunya didesain dalam kampanye besar #SelangkahLebihHijau. Program jangka panjang tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan sosial.

#SelangkahLebihHijau adalah serangkaian program hijau milik Super Indo yang dikemas dalam strategi keberlanjutan. Program ini merupakan implementasi untuk meminimalisasi dampak yang berkaitan dengan perubahan iklim dan timbunan sampah dalam kegiatan operasionalnya, melalui rantai pasok yang berkelanjutan, pengurangan sampah plastik sekali pakai dan makanan, serta pengurangan emisi karbon yang dilakukan bersama pelanggan, pemasok , pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya.

Melalui kampanye tersebut, konsumen diminta untuk berpikir kritis serta terlibat secara langsung dalam rantai pengurangan sampah guna memberikan dampak yang baik untuk lingkungan, serta juga harus punya kepedulian dan kesadaran untuk turut mengurangi sampah plastik. Pendek kata, Super Indo mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam pengelolaan sampah sehari-hari, serta berlaku bijak dalam penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai.

Dalam operasional bisnisnya, Super Indo selalu berusaha meminimalisir dampak timbulan sampah yang dihasilkan, baik berupa sampah makanan maupun sampah plastik sekali pakai. Langkah tersebut diambil sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dan kontribusi nyata mereka untuk pengurangan sampah ke tempat pembuangan akhir. Selain itu tanggung jawab penggunaan energi dan emisi karbon juga turut menjadi hal yang dimonitor secara intensif dan dilakukan pula beberapa inisiatif untuk pengurangan dampaknya.

Salah satu upaya yang juga dilakukan Super Indo untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai adalah menghadirkan Kantong Segar 365. Produk ini merupakan kantong belanja produk segar pakai ulang sebagai alternatif pengganti roll plastic. Pilihan ini, secara tidak langsung merupakan langkah edukatif agar para pelanggannya sadar dan ikut beraksi.

Selain penggunaan kantong belanja produk segar pakai ulang, saat ini, Super Indo juga sedang mengembangkan model pengumpulan sampah kemasan plastik (drop box) dan pemilahan sampah kemasan dari rumah, dimana program ini merupakan hasil kolaborasi bersama dengan para pemasok. Program ini didesain untuk memudahkan pelanggan menjadi bagian dari rantai daur ulang kemasan plastik sekali pakai dengan cara yang menyenangkan.

Guna meminimalisir timbulan sampah yang dihasilkan dalam kegiatan operasionalnya, Super Indo juga menerapkan sistem manajemen terintegrasi melalui sistem pemesanan yang efektif, penanganan dan penyimpanan yang baik, serta pemasaran yang tepat. Beberapa program yang dijalankan oleh Super Indo antara lain pengelolaan sampah organik dengan teknologi biokonversi larva Black Soldier Fly untuk pakan ternak, bekerja sama dengan Foodbank untuk mengolah produk yang tidak terjual namun masih layak konsumsi dan juga pemanfaatan minyak jelantah hasih goreng sebagai bahan baku bio-diesel. Upaya-upaya tersebut dilakukan agar sampah yang mereka hasilkan dari kegiatan operasional dapat diolah menjadi produk bernilai ataupun digunakan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.

Sebagai bentuk komitmen terhadap penggunaan energi dan emisi karbon yang dihasilkan, Super Indo senantiasa melakukan pengawasan dan berbagai inisiatif, diantaranya terkait dengan efisiensi penggunaan listrik, penggunaan sistem pendingin yang lebih ramah lingkungan, dan sistem manajemen transportasi yang efektif.

Seperti diungkapkan D. Yuvlinda Susanta, General Manager of Corporate Affairs & Sustainability PT Lion Super Indo, industri ritel memiliki peranan penting dalam mendorong keberlanjutan, karena berada di antara produsen dan konsumen. Ini artinya, idealisme pelaku ritel dalam hal keberlanjutan dapat membawa dampak positif pada perubahan perilaku produsen dan konsumen.

“Dan untuk merealisasi inisiatif hijau, kami harus menciptakan suatu ekosistem yang mendukung para pemangku kepentingan. Hal ini tentu tidak mudah. Karena itu, kolaborasi strategis perlu dilakukan dengan berbagai pihak, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung, dan secara bersamaan memberikan dampak positif bagi lingkungan serta keberlanjutan bisnis perusahaan,” paparnya.

Program Sustainability di Super Indo dilakukan secara terintegrasi dalam semua lini perusahaan dan mengacu pada pemenuhan United Nation Sustainable Development Goals dan pedoman ISO 26000. Program keberlanjutan tersebut merupakan salah satu pendorong pertumbuhan bisnis, sehingga proses monitoring dan evaluasi dilakukan secara intensif dan berkala. (bin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)