MIX.co.id - “Teman UMKM bisa Go Digital” adalah salah satu inisiatif yang dimiliki Smartfren Telecom. Pada inisiatif ini, Smartfren memiliki tiga program utama. Pertama, Teman UMKM Indonesia, yakni program untuk mengembangkan semangat kolaborasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif di berbagai daerah dimana Smartfren Community berada. Program ini sudah ada di 41 kota/kabupaten di Indonesia dengan 2.455 UMKM yang telah dibina saat ini.
Kedua, Teman Kreasi Indonesia, sebuah wadah kolaborasi untuk mendukung ekonomi kreatif. Ada 17 subsektor ekonomi kreatif yang di-support dalam program ini. Selama ini Smartfren telah menggandeng brand dan kreator lokal, yakni Addy Debil, Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan AHHAa Official Store untuk bersama-sama membuka berbagai peluang berkreasi dan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik.
Ketiga, Bunda Pintar, yakni program pemberdayaan perempuan dalam multi perannya sebagai ibu rumah tangga, istri, dan warga masyarakat aktif dalam berbagai profesinya. Peran Bunda di era digital sangat vital dalam mendukung terwujudnya keluarga cerdas.
Rangkaian kegiatan yang digelar pada inisiatif ini adalah workshop digital business atau digital marketing, pendampingan UMKM, coaching pengembangan bisnis, promosi bisnis di akun-akun media sosial dan WAgroup Smartfren Community, memberikan perangkat digital seperti modem atau router untuk daerah tertentu, hingga memberikan kartu Smartren untuk koneksi internet cepat plus Voucher Data untuk 3 bulan.
Hasilnya, omset dan profit UMKM meningkat seiring perluasan pasar dari digital marketing. Bahkan, mereka juga punya standar/SOP kerja (walau belum sempurna), sehingga bisa me-manage kualitas dan SDM lebih baik terutama jika ada kenaikan order. Program ini juga meraih penghargaan “Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024” dengan predikat Very Good, untuk kategori Creating Shared Value.