Forever Against Animal Testing The Body Shop "The Best Socially Business Practice"

Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018

Salah satu value sekaligus komitmen The Body Shop (TBS) adalah tidak akan pernah melakukan uji coba produknya kepada hewan atau Forever Against Animal Testing (FAAT). Praktik bisnis ini sudah dimulai TBS sejak 1989. Kampanye sosial tersebut masih digelar secara berkelanjutan hingga sekarang.

Untuk memelihara komitmen itu, pada 2013 TBS menghimpun satu juta tanda tangan dari masyarakat dunia terkait kesepakatan untuk melarang penjualan ataupun pengimporan produk yang melakukan uji coba pada hewan. Pada 2017 komitmen tersebut diperbaharui lewat petisi yang yang ditandatangani oleh 3 juta orang. Setahun berikutnya, pada April 2018, petisi sukses menghimpun 5,6 juta tanda tangan. Sementara, kampanye FAAT lewat penandatanganan petisi tersebut di Indonesia, hingga akhir Juni 2018, TBS berhasil menghimpun 305.149 tanda tangan.

Guna menjalankan inisiatif sosialnya, The Body Shop menggunakan strategi kampanye melalui aktivasi di media sosial dan komunikasi di dalam gerai-gerai The Body Shop. Untuk kampanye di media sosial, salah satunya dilakukan TBS dengan mengirimkan hampers (hantaran) kepada para influencer atau orang-orang berpengaruh. Isi hampers tersebut antara lain t-shirt bertuliskan “I’am Forever Againts Animal Testing”, infografis mini, animal bandana, dan sebagainya. Para influencers tersebut antara lain Melanie Subono, Ykha Amelz, Mikaila Patritz, dan Mario Ginanjar.

Selain itu, pada 2017, TBS Indonesia mengundang masyarakat untuk bergabung mendukung kampanye FAAT dengan menggandeng artis cantik Cinta Laura. Undangan disebar melalui Facebook, Twitter, maupun Website. TBS Indonesia juga aktif mengkampanyekan FAAT melalui media sosial Instagram dan Youtube.

TBS juga mengajak media untuk turut menandatangani petisi tersebut. Kampanye ini berhasil menghimpun Public Relations (PR) value Rp 7,98 miliar sepanjang 2017. Dan, tanda tangan yang sukses dihimpun dari kampanye tersebut mencapai 305.149.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)