Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018
Hasil riset yang dilakukan Tetra Pak Indonesia bersama komunitas MommiesDaily menunjukkan bahwa susu UHT merupakan salah satu produk susu yang dibeli oleh 78% ibu rumah tangga Indonesia. Meski demikian, anak Indonesia ternyata belum rutin mengonsumsi sebanyak dua gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan giz inya. Demi mengedukasi pentingnya konsumsi susu di Indonesia, Tetra Pak sebagai produsen kemasan karton—biasanya digunakan untuk mengemas susu UHT, membuat kampanye #SusuBergiziKesukaanku. Kampanye ini juga mengedukasi pentingnya pemilihan produk susu yang tepat, yaitu susu UHT, bagi seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak usia dua tahun ke atas sebagai pemenuhan kebutuhan nutrisi.
Selain membidik ibu dengan anak usia dua tahun ke atas, kampanye ini juga menyasar perempuan berusia 24-45 yang tinggal di perkotaan, khususnya mereka yang tergabung dalam komunitas dan aktif di media sosial. Kampanye ini dilakukan sejak pertengahan Desember 2017 hingga Maret 2018.
Dalam eksekusinya, kampanye Minum Susu UHT #SusuBergiziKesukaanku menjangkau target audiens dengan berbagai cara. Pertama, dengan mengoptimalkan peran media dan bloggers melalui sejumlah aktivitas media relations dan community engagement, antara lain mediaworkshop, radio talk show, dan bloggers gathering. Kedua, mengamplifikasi pesan kampanye minum susu UHT melalui digital platform dan social media dengan bekerja sama dengan influencers antara lain Andra Alodita, Ilma Rineta, dan Ninit Yunita, serta mengadakan kompetisi di media sosial.
Hasilnya, selama kampanye berlangsung, ada 107 total artikel yang memuat kampanye Minum Susu UHT #SusuBergiziKesukaanku. Selain itu, kampanye ini juga berhasil meraih PRvalue hingga Rp5.294.536.025 dan total mediareach Rp410.505.834. Sementara, dari kanal digital, tagar #SusuBergiziKesukaanku digunakan di 236 user generated content, total impression 5.775.120, dan total engagement 212.163.