Corporate Communication Team SiCepat Ekspres (CorComm Team of The Year 2021 in Trade, Service, & Investment Industry)

Kendati baru berumur dua tahun, tim Corcomm SiCepat Ekspres terlihat sudah menguasai needs dan wants para jurnalis. Buktinya, mereka langsung menjadi pilihan para wartawan yang menjadi responden survey Majalah MIX untuk keperluan pemilihan CorComm Team of the Year tahun ini.

Bagaimana cara tim CorComm SiCepat Ekspres mengambil hati para jurnalis sehingga menjadi top of mind bagi para mereka?

“Berdasarkan pengalaman, rekan media sangat menyukai jika kami menyampaikan press release berkualitas yang memuat data riil berupa angka serta menyajikan fakta di lapangan,” jawab Wiwin Dewi Herawati, Chief Marketing Officer SiCepat Ekspres.

“Kami juga selalu terbuka untuk menerima berbagai pertanyaan yang diajukan rekan media,” tambahnya.

Selain itu, mereka juga berupaya menyajikan teknik penulisan pers release yang tidak kaku dan informatif. Sedemikian detilnya, mereka  bahkan memperhitungkan pencatuman kutipan yang tepat untuk memudahkan media dalam melakukan pemberitaan.

Divisi Corporate Communications SiCepat Ekspres dibentuk awal 2019, meskipun perusahaan ekspedisi tersebut sudah berdiri sejak 2014. Agar tujuan komunikasi tercapai, Tim CorComm melibatkan berbagai pihak di dalam perusahaan, yaitu seluruh Departemen Marketing serta lintas divisi seperti Operasional, Customer Service, dan Human Resource.

Keterlibatan person lintas divisi tersebut terlihat dari susunan timnya. Masing-masing adalah Redhiansyah sebagai Junior Manager MarComm, Rangga Andriana Supervisor CorComm, Titis Wasilia (Staff CorComm), Agung Gumelar (Staff CorComm), Alycia Putri (Staff Corpcomm), dan Panji Kusuma (Staff CorComm). Selain itu juga diperkuat Maqna (Supervisor MarComm), Subangkit Sanjaya (Junior Manager Multimedia), Michael Andrew (Supervisor Creative Design), dan Ervan (Junior Manager Social Media).

Divisi ini bertanggung jawab untuk menjalankan fungsi komunikasi, baik internal maupun eksternal yang berhubungan dengan korporasi. Di antaranya, menjaga image baik perusahaan, publikasi internal (salah produknya adalah Majalah SiGesit, WhatsApp AKSI, dan surat edaran), publikasi eksternal (Press Release), memelihara hubungan baik dengan para wartawan, merancang dan menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR), serta memelihara employee branding.

Dalam mengeksekusi program, tim ini selalu fokus pada rencana yang telah dibuat dengan terus mengedepankan profesionalitas.  “Untuk menjaga kekompakan tim, koordinasi kami lakukan secara real time dan rutin melalui daily, weekly, hingga monthly meeting yang membahas progres baik secara individual task maupun tim task,” tambah Titis Wasilia.

Pandemi Covid-19 adalah tantangan besar bagi tim CorComm ini untuk menjalin hubungan intens dengan media terkait adanya aturan pembatasan interaksi fisik dalam skala besar.

Bagaimana mereka menyiasatinya? “Dalam kondisi seperti ini, penting bagi kami untuk selalu meluncurkan inovasi baru baik dari produk layanan hingga CSR agar menjadi sumber informasi bagi rekan media,”  timpal Wiwin Dewi Herawati lagi.

Berbagai kegiatan CSR telah berhasil dilakukan oleh Tim CorComm SiCepat Ekspres dengan ide-ide inovatifnya, termasuk dalam kondisi pandemi Covid-19 yang melanda sekarang. Antara lain, membagikan masker gratis melalui program GEMAS, membagikan sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19, membantu pendistribusian APD (Alat Pelindung Diri) untuk tenaga medis di Rumah Sakit yang membutuhkan, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)