Corporate Communication Team Telkomsel (CorComm Team of The Year 2021 in Infrastructure, Utility, Telecommunication & Transportation Industry)

Inilah salah satu tim Corporate Communication yang bisa menjadi contoh keberhasilan strategi “riding the wave” dalam badai Covid-19. Saat banyak industri terkapar karena pembatasan aktivitas fisik manusia, tim CorComm Telkomsel justru mampu memetik berkah melalui kegiatan virtual atau online dengan para wartawan.

“Metode kegiatan online ternyata malah memberikan beberapa keuntungan. Antara lain, kami jadi dapat mengakomodasi kehadiran dan pertemuan dengan para jurnalis dari berbagai wilayah di Indonesia. Hal yang sebelumnya sangat sulit dilakukan melalui pertemuan fisik,” papar Deasy Apriani, Manager Corporate Reputation Telkomsel.

Menurut Deasy, penyesuaian berbagai aktivitas komunikasi melalui kebiasaan baru (new normal) ternyata juga tidak mengurangi efektivitas engagement dengan para jurnalis.  Indikatornya adalah kebutuhan informasi dari jurnalis tentang Telkomsel yang tetap terjaga, meskipun kegiatan press update/press conference dilakukan secara virtual. Selain itu, partisipasi para jurnalis dalam setiap acara online Telkomsel ternyata juga tetap tinggi.

Telkomsel mencatat data pemberitaan mengenai Telkomsel pada periode natal dan tahun baru (Naru) pada masa pandemi ini justru melonjak dibandingkan sebelumnya. Jika pada tahun 2019 mereka hanya mendapatkan eksposur 5 pemberitaan NARU di media cetak dan 43 di media online, pada musim pandemi di 2020 ini, mereka mendapatkan eksposur 26 media cetak dan 163 media online, yang seluruhnya memberikan tone positif.

Yang mengesankan bagi tim CorComm Telkomsel, selama masa pandemi ini, aktivitas langsung bersama media lebih fokus pada aktivitas sosial. Misalnya, pemberian Covid-19 Starter Kit dan paket komunikasi belajar daring untuk anak-anak sekolah.

Sementara itu, kegiatan rutin yang tetap berlangsung selama pandemi meliputi Virtual Press Conference, Thematic Virtual Media Meet Up (weekly), Virtual Media Visit (monthly), Social Acitvity (occasionally), dan Collaboration Virtual Event (webinar, awarding, social media activities).

“Berkat engagement yang terjaga intensif pada berbagai kesempatan, rekan-rekan  jurnalis juga selalu membantu dalam melakukan advokasi terhadap isu yang berkaitan dengan Telkomsel,” tambahnya.

CorComm Telkomsel terbagi menjadi tiga divisi utama, yaitu Internal Communication, External Communication, dan Corporate Social Responsibility (CSR). Setiap fungsi memiliki perannya masing-masing dalam membangun komunikasi dengan stakeholders terkait dalam upaya membangun image positif Telkomsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)