MIX.co.id - Tahun 2023, jumlah UMKM binaan FIFGROUP meningkat sebesar 22%. Namun, 56% UMKM binaan FIFGROUP ini masih berada dalam kategori omzet di bawah Rp 3.500.000. Oleh karena itu, FIFGROUP menggelar program “Dukung UMKM Naik Kelas” sebagai wadah pengembangan, branding, dan kolaborasi demi meningkatkan omset 56% UMKM binaannya tersebut selama periode Mei-November 2023.
Dalam mencapai objektif tersebut, Pada 2023 diterapkan strategi improvement program. Antara lain, dengan meningkatkan awarenessstakeholder akan inisiatif program UMKM FIFGROUP melalui publikasi media atas pelaksanaan kegiatan dan pencapaian program. Selain itu, dilakukan juga kerja sama dengan pemangku kepentingan dalam meraih UMKM dan melaksanakan program pendukung pengembangan UMKM. FIFGROUP juga mendorong akses UMKM terhadap utilisasi teknologi melalui adopsi metode transaksi non-tunai.
Sementara itu konsep program yang dijalankan adalah program Dana Bergulir UMKM, dimana FIFGROUP bekerja sama dengan Yayasan Mitra dan pemerintah setempat memberikan pembiayaan tanpa bunga terhadap UMKM terpilih dari wilayah cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam 3 tahap selama 1 tahun. UMKM yang telah menerima pembiayaan akan dimonitor pengembalian dananya melalui Income Generating Activity (IGA) system. Selain itu, digelar juga program pendukung seperti workshop UMKM; e-Katalog yang berisi tentang informasi usaha UMKM binaan, yang nantinya akan menjadi media pemasaran baik untuk internal atau eksternal; FIFestival yang merupakan event Bazaar UMKM yang diadakan bagi 15 UMKM binaan terpilih sebagai wadah acara pemasaran yang dapat membantu pemilik UMKM mempromosikan produk atau layanan mereka; dan pembuatan konten media sosial atas produk dan kegiatan usaha UMKM binaan untuk mendukung peningkatan branding dan exposure produk UMKM.
Hasilnya, 6% UMKM Binaan dari kelompok Omzet di bawah Rp3.500.000 meningkat hingga di atas Rp 3.500.000 pada 2023. Selain itu, 100% respon positif pada setiap publikasi “Dana Bergulir UMKM” di media massa dan media sosial. Program “FIFGROUP Dukung UMKM Naik Kelas” pun berhasil meraih predikat Good di ajang “Indonesia PR Program of The Year 2024” (JudgesReview) dan meraih posisi kedua untuk Engagement Rate Index (DataCrawling) untuk kategori ESG Campaign.