MIX.co.id - ID Comm merupakan salah satu konsultan PR yang dipercaya Vaccine Access and Health Security Initiatives (VAHSI) Australia dan Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) untuk menjalankan program Komunikasi Risiko Seputar Pemberian Vaksin, Protokol Kesehatan, dan Tindakan Pencegahan Covid-19. Program ini berlangsung pada Oktober 2021-Desember 2022.
Strategi komunikasi yang dijalankan ID COMM adalah dengan Memperkuat Wawasan antara lain dengan menganalisis konten media untuk memetakan agenda Covid-19 yang dibingkai oleh media nasional dan media lokal; mengembangkan sistem index; merumuskan fakta dan narasi yang tepat, di antaranya perencanaan editorial bulanan dan desain narasi; memperkuat hubungan dengan Media, seperti secara rutin memproduksi artikel tentang kisah-kisah human interest, rutin menyebarkan siaran pers, melibatkan jurnalis dalam kegiatan program VAHSI; menciptakan program dan melibatkan kelompok masyarakat setempat, antara lain dengan menggelar webinar, lokakarya skala lokal, dan diskusi kelompok; hingga melakukan pemantauan dan evaluasi, di antaranya dengan menggelar FGD dengan berbagai kelompok pemangku kepentingan.
Hasilnya, ada 18 kegiatan yang melibatkan media dan 105 orang jurnalis serta menghasilkan 186 pemberitaan yang menjangkau sekitar 5.050.527 pembaca dan 111.000 pendengar radio. Selain itu, Program yang dirancang dan digulirkan oleh ID COMM secara langsung dan tidak langsung menyumbang pada pencapaian total vaksinasi di kalangan penyandang disabilitas serta meningkatnya komitmen politik yang lebih kuat dari pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada kelompok rentan, terutama penyandang disabilitas.
Berkat program tersebut, ID COMM meraih predikat Very Good untuk kategori PR Agency Professional Judgement di ajang penghargaan “Indonesia PR of The Year 2023” yang digelar Majalah MIX MarComm.